Bulan, Tubuh Manusia dan Alam Semesta


Banyak orang mungkin percaya bahwa perubahan Bulan secara berkala mempengaruhi manusia. Contoh yang paling jelas adalah periode menstruasi wanita. Dalam kondisi normal, periode menstruasi seorang wanita terjadi setiap 28 hari, tepatnya di antara Bulan sidereal (waktu antara ketinggian maksimum bintang tertentu seperti yang terlihat dari Bulan, adalah sekitar 27 hari) dan Bulan lunar (29 hari).

Menurut Shi Yukun, seorang dokter pengobatan China, siklus Bulan itu juga terkait dengan kapan manusia lahir. Kebanyakan bayi lahir tepat setelah Bulan purnama.

Fase Bulan berperan pada keadaan mental manusia. Orang-orang Babilon kuno merujuk pada pasien dengan gangguan mental sebagai "orang gila," yang berarti mempunyai penyakit yang dipengaruhi oleh Bulan. Saat ini, kata ini sering digunakan di Amerika. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sakit jiwa memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk memperlihatkan gangguan mental selama Bulan purnama.

Bulan juga mempengaruhi suasana hati seseorang. Bulan purnama dapat menyebabkan seseorang merasa cemas, gelisah, terganggu dan berhalusinasi. Selain itu, selama Bulan purnama, orang memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk menghidupkan kembali kenangan masa lalu mereka, membuat mereka merasa sedih dan tertekan. Banyak penyair membuat beberapa karya terbaik mereka selama Bulan purnama.

Sebuah buku China kuno Common Questions : Theory on Eight Divinities menyebutkan, "Ketika Bulan sabit muncul, darah dan Qi mulai menguat, dan Qi pelindung mulai beredar. Dengan Bulan purnama, darah dan Qi sudah cukup, dan otot-otot kuat. Ketika Bulan ini meredup, saluran energi melemah, Qi pelindung pergi, dan hanya bentuknya tetap. " Artinya, darah, Qi, otot, dan kekuatan saluran energi tubuh manusia, berkaitan dengan fase Bulan.

Jika seseorang melihat fenomena ini dari sudut pandang berbeda; tubuh manusia hanya sekadar terhubung secara universal, bukan karena Bulan, Bulan mungkin hanya sebuah benda yang merespon sesuai dengan irama alam semesta?