Asi Cegah Autis


ASI merupakan makanan yang luar biasa bagi bayi. Selain meningkatkan kecerdasan, ASI mampu meningkatkan daya tahan bayi terhadap penyakit. Salah satu penyakit yang saat ini cukup banyak ditemukan adalah Autis. Autis adalah penyakit gangguan saraf. Hal ini menyebabkan anak sulit berkonsentrasi dengan baik. Jadi apa hubungan antara pemberian ASI dan pencegahan Autis?

Idealnya, vaksinasi diberikan pada bayi ketika kondisi tubuhnya sedang sehat. Sebab vaksin merupakan virus penyakit yang dilemahkan. Tujuannya, agar dengan pemberikan vaksin, tubuh bayi akan menghasilkan antibodi yang mampu menahan serangan penyakit tersebut.

Tetapi bila tubuh bayi dalam kondisi tidak sehat, antibodi akan lebih sulit dan lebih lama terbentuk. Bila ini terjadi, ada kemungkinan terjadi gangguan pada kesehatan bayi yang dapat memicu terjadinya Autis. Bila selanjutnya bayi kurang mendapat perhatian dari orang tua, ini akan membuat bayi benar-benar menderita Autis. Sebab perhatian orang tua diperlukan bayi untuk meningkatkan kesehatan dan kemampuannya untuk belajar.

ASI mempunyai energi pembentuk antibodi yang cukup tinggi, yaitu sebesar +30%. Kita akan bandingkan dengan susu sapi segar, susu bayi, susu yoghurt, dan susu tepung kedele. Berikut ini perbandingan Indeks Energi pembentuk antibodi:

  • Susu ASI = +30%
  • Susu sapi segar = +5%
  • Susu yoghurt = +1%
  • Susu bayi = 0%
  • Susu tepung kedele = 0%

Dari perbandingan energi di atas, terlihat bahwa ASI diperlukan bayi agar tubuhnya lebih sehat dan lebih mudah menghasilkan antibodi. Dengan demikian, ASI sangat bermanfaat bagi bayi agar mudah menghasilkan antibodi. Sebaiknya bayi mendapat SI cukup lama agar daya tahan tubuhnya cukup baik. Para pangeran di Tiongkok zaman dulu minum ASI sampai umur beberapa tahun. Hal ini tentu dilandasi kepercayaan bahwa ASI memang makanan terbaik untuk bayi, sehingga calon raja juga harus mempunyai tubuh yang sehat dan otak yang cerdas. Jadi sebaiknya, bayi bisa mendapat ASI dari Ibunya cukup lama, yaitu antara 9 bulan sampai 24 bulan.