Transpor umum di Jepang membela lansia, ibu hamil, orang “cacat”, dan orang yang membawa anak kecil

800px-priority_seat_keio_line_train_japanhttpenwikipediaorgwikifilepriority_seat_keio_line_train_japan
Di kereta api dan di bus di Jepang Anda akan melihat tanda ini terpasang. Ini adalah tanda, bahwa kursi ini disediakan khusus bagi orang tua, wanita hamil, orang yang mendapatkan tantangan fisik (istilah cacat diganti dengan “phisically challenged”), dan siapa saja yang membawa anak kecil. Anda boleh duduk di kursi tersebut jika tak ada orang rentan yang naik. Jika ada orang rentan yang naik, Anda harus cepat berdiri sebelum ditegur penumpang lain atau supir.
Paling kanan adalah tanda dilarang menggunakan HP. Di kota-kota besar di Jepang banyak commuters, orang yang tinggal di luar kota dan pada tiap hari kerja bepergian dengan transpor umum ke kota. Saat pergi atau pulang mereka ingin istirahat atau tidur di kereta atau di bus. Karena itu, jangan coba-coba hidupkan HP Anda karena dering HP dan suara Anda berbicara dengan HP akan mengganggu orang lain.

josei_senyoushahttpwwwbelsona-strategiccomhisandhers_subwayhtm

Ini adalah tanda bahwa bus ini diperuntukkan khusus bagi wanita pada jam sibuk di pagi hari. Sampai dengan jam 9.30 pagi hanya wanita yang diperbolehkan menggunakan bus ini. Faktor pertimbangannya adalah mencegah pelecehan seksual terhadap kaum wanita ketika orang bersesak-sesakkan dalam bus.

httpwwwmasalatimecom815652
Amati tanda berwarna pink yang diinjak bapak ini. Tanda ini menunjukkan bahwa pada jam sibuk gerbong ini dikhususkan bagi kaum wanita. Petugas berjaga-jaga di depan pintu gerbong untuk menghalangi kaum pria yang terburu-buru mengejar kereta tanpa memperhatikan rambu-rambu petunjuk di lantai.
Bus dan gerbong khusus yang terpisah bagi kaum wanita dan kaum pria setahu saya mulai diberlakukan pada kota-kota tertentu di Jepang pada tahun 2002. Kebijakan ini diambil berdasarkan survei terhadap keluhan kaum wanita tentang frekuensi pelecehan seksual yang dialami wanita pada jam-jam sibuk di kereta dan di bus. Sekitar tahun 2006 – 2007 kebijakan ini berlaku hampir di semua kota besar di Jepang.

780px-gifubus-brchybrid-20070310httpenwikipediaorgwikifilegifubus-brchybrid-20070310
Amatilah gambar kursi roda pada bagian atas paling kanan bus ini! Bus-bus di Jepang amat menghargai kaum yang menderita, orang-orang yang rentan.

japan_bushttpwwwdiscover-japaninfojapan_gettingaroundhtm
Amatilah foto di atas! Betapa rendahnya pintu masuk ke dalam bus, tidak seperti bus-bus kota di Indonesia yang pintunya tinggi sehingga menyusahkan kaum perempuan, para lansia, tunanetra, dan anak-anak naik ke dalam bus. Tinggi batas bawah pintu masuk dan trotoar di halte bus hampir sama sehingga kita mudah sekali berlangkah masuk ke dalam bus.

hatobus1httpgojapanaboutcomlibraryphotobltokyo_hatobus1htm

Anda tidak bisa seenaknya menahan bus di sembanrang tempat. Anda harus menunggu di halte bus. Di halte pun dipasang pagar sehingga penumpang terpaksa antri masuk ke dalam bus.

taxistop1httpgojapanaboutcomlibraryphotobltokyo_taxistop1htm

Menunggu taksi juga sebaiknya di halte khusus untuk taksi. Taksi di Jepang keren-keren, limousine buatan Amerika Serikat. Pintunya dibuka dan ditutup secara otomatis. Pemerintah Jepang terpaksa mengimpor mobil mewah Amerika karena tekanan Amerika akibat serbuan mobil Jepang yang murah dan hemat bahan bakar di Amerika. Banyak keluarga Jepang membeli mobil mewah yang mahal buatan Amerika. Namun anehnya, di kota-kota besar seperti Tokyo dan Kyoto, mobil pribadi ini lebih sering disimpan di garasi. Mereka malah suka naik sepeda untuk berbelanja dan kepentingan lain.

526392_199dd964fahttpwwwzooomrcomphotoskhera526392

Inilah suasana dalam gerbong kereta bawah tanah di Jepang. Gerbong-gerbong bekas seperti ini dibeli dan dipakai oleh KRL di Jakarta. Terkadang tulisan Jepang masih tertempel, lupa dilepaskan. Mengapa ya bangsa ini masih suka mengimpor barang bekas, bahkan sampai kondom bekas?

1085886856_47ef2503aahttpwwwflickrcomphotosqortubee1085886856
Bangsa Jepang amat disiplin dan tertib. Kereta api terlambat 3 menit saja mereka sudah gelisah. Di London terlambat 5 – 10 menit penumpang masih sabar. Waktu naik kereta peluru atau supercepat Shinkanzen dari Tokyo ke Hiroshima saya perhatikan. Benar-benar tepat waktu. Persis detik ke sekian sesuai dengan jadwal yang tercantum di stasiun dan di dalam gerbong, kereta itu bergerak berangkat. Biar kosong, kereta harus berjalan. Tertawa aku dalam hati, bangsa ini lebih mengabdi waktu daripada manusia? Tapi itulah Jepang, disiplin baja dan tertib luar biasa. Banyak orang Eropa dan Amerika Serikat yang berkunjung ke Jepang mengakui, sistem perkeretapian di Jepang adalah yang terbaik di dunia.

den02httpgamewatchimpresscojpdocs20070123den02
Di mana-mana saya lihat siswa-siswa Jepang diantar gurunya untuk beranjang sana. Demikian pun, rombongan yang dipimpin oleh seorang pemandu. Mereka berbaris tertib dan berjalan seperti kumpulan penguin. Sang pemandu biasanya mengangkat payung tinggi-tinggi agar dilihat sampai di baris terbelakang. Secara bergurau, kukatakan kepada teman-teman orang Jepang. Saya yakin, kalau sang pemandu dengan payungnya masuk ke dalam laut, orang Jepang akan setia tercebur sama-sama ke dalam laut. Ha ha ha.

Mengapa Anda harus mematikan HP dalam pesawat terbang?


Dalam pesawat terbang tanda ini jauh lebih penting bagi kelangsungan hidup Anda daripada tanda dilarang merokok
Mengapa pembicaraan penting tak dilakukan sebelum masuk ke dalam pesawat terbang? Inilah sikap egois yang dapat membunuh orang lain dan dirinya.
Jika ada penumpang yang masih menggunakan HP waktu pesawat hendak tinggal landas, terbang, dan mendarat, langsung saja saya tegur dengan tegas. Sekali seorang pria mau ajak berkelahi setelah saya tegur tiga kali. Saya siap melayani dia demi keselamatan dirinya, saya, seluruh penumpang, dan awak pesawat. Ia baru mematikan HP setelah keluarganya berbicara dalam bahasa yang tak saya mengerti.

Tampang keren tak selalu menunjukkan tingkat pengetahuan dan daya nalar yang sepadan
Sekali seorang TKI yang masih berbicara waktu pesawat sudah standby melakukan running untuk take off. Ia kemudian mematikan sambil menunjukkan sikap tak bersahabat. Waktu pesawat mendekati ujung landasan untuk mendarat ia hidupkan HP dan berbicara dengan temannya yang menunggu di terminal. Saya kalah cepat menegurnya.
Kita semua menitipkan nyawa kita kepada pilot dan pesawat terbang. Menjaga keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Tidak ada pengecualian karena toleransi kepada pengecualian membawa risiko musibah dan kematian.
Sekali seorang bapak yang tampak seperti seorang terpandang yang duduk di sampingku menelepon dengan HP waktu pesawat sedang terbang. Langsung saya tegur dan ia tampak seolah-olah mematikan HP-nya, tapi saya curiga ia hanya berpura-pura. Tiba-tiba ada nada dering telepon. Langsung saya tegur dengan keras. Pak, mengapa bapak tetap ngotot? Jika pesawat ini jatuh bukan hanya saya yang mati tapi bapak juga akan mati. Akhirnya, ia matikan dan selama penerbangan wajahnya tampak kesal terhadapku. Umumnya penumpang lain hanya menoleh untuk melihat sang pelanggar tetapi diam saja. Selama ini saya hanya pernah menyaksikan seorang ibu yang berani menegur penumpang di depannya yang masih menggunakan HP waktu pesawat hendak lepas landas.
Mengapa obrolan tak dituntaskan waktu masih di darat? Orang ini tolol tak mengerti hukum fisika yang bekerja pada HP.
Banyak orang Indonesia bersikap dan bertindak masa bodo dan ternyata bodoh benaran. Apakah mereka sangka pengumuman pramugari berkali-kali itu hanya mainan? Pengumuman pramugari yang sudah rutin dan klasik itu sama saja dengan pengumuman pesawat-pesawat asing yang terbang ke luar negeri. Hanya terjemahan lurus dari bahasa Inggris Apakah maskapai penerbangan kita tidak bisa lebih arif untuk membuat pengumuman yang cocok dengan bahasa dan sikap ngotot dan ‘bodoh’ orang Indonesia? Apakah tak bisa pengumuman itu disesuaikan dengan daya tangkap banyak orang Indonesia yang kalah jauh dengan masyarakat negara maju? Masyarakat lebih mengenal istilah HP daripada ponsel atau telepon genggam. Kebanyakan penumpang Indonesia yang naik pesawat terbang tidak mengerti penjelasan bahwa penggunaan telepon genggam dan alat elektronik lain akan mengganggu sistem komunikasi dan navigasi pesawat. Apa maksudnya sistem komunikasi? Apa maksudnya navigasi? Mengapa tidak bilang lagi bahwa jika Anda ngotot menghidupkan pesawat, pesawat dapat jatuh atau meledak di udara atau meledak walaupun dalam posisi tak terbang.
Banyak peralatan bekerja dengan gelombang elektromagentik
Sejak Anda menginjakkan kaki ke dalam sampai melangkah ke luar dari pesawat udara, HP Anda harus dimatikan. Mengapa ? Jelaskan saja bahwa komputer dan banyak peralatan pesawat ini banyak sekali bergantung kepada gelombang radio atau gelombang elektromagnetik untuk menjalankan berbagai tugas atau fungsi, termasuk berkomunikasi dengan menara kontrol, navigasi atau penerbangan, dan pengaturan udara di dalam kabin. Jika HP Anda tetap hidup, walaupun Anda tidak menerima atau mengirim SMS atau bertelepon, signal elektromagnetik HP tetap dipancarkan. Tujuannya adalah memberitahu komputer di jaringan selular bahwa HP dalam keadaan aktif dan dapat dihubungi. Karena itu, sebaiknya waktu check in petugas harus menanyakan apakah ada HP dan alat elektronik yang berada dalam bagasi dan jika ada apakah sudah dimatikan. Mengapa hal ini penting? Karena jika HP dan alat elektronik itu masih hidup tetap saja gelombang elektromagentik dipancarkan. Bahayanya sama dengan jika alat-alat itu dibawa penumpang ke kabin.
Seandainya HP dimatikan pesawat tak bakal meledak. Dalam dunia penerbangan tak ada toleransi, satu inci sekali pun, kepada sikap ‘seandainya’
Sebelum pesawat bergerak ke landasan untuk take off dan waktu pesawat berjalan menuju apron setelah mendarat, pilot tetap berkomunikasi dengan menara kontrol. Alasan yang lain yang perlu dikemukakan adalah dalam kabin yang tertutup dengan padat dan simpang siurnya gelombang elektromagetik yang digunakan oleh komputer dan peralatan pesawat, sekian banyak HP penumpang yang dihidupkan dan dipakai untuk mengirim dan menerima SMS serta untuk bertelepon mengkibatkan semakin banyak gelombang elektromagnetik dapat terjebak dalam tubuh pesawat yang tertutup. Karena, gelombang elektromagnetik dapat terjebak dalam ruang tertutup yang penuh dengan logam, baik logam dalam pesawat dan logam yang ada dalam koper dan tas penumpang dan kargo. Gelombang yang terjebak ini mudah menyebabkan HP atau pesawat meledak. Karena itu, para peneliti gelombang HP melarang penggunaan HP karena dapat mengakibatkan HP atau pesawat meledak walaupun pesawat dalam posisi berhenti dan berjalan menuju ke landasarn pacu atau dari landasan ke apron.

Bayangkan apa jadinya jika komputer pesawat ‘hang’ seperti terjadi pada laptop Anda gara-gara ulah menumpang tak mematikan HP!
Kalau Anda ngotot memakai HP di mobil pribadi, bus, kereta api, atau di ruang pertemuan, risikonya amat kecil. Tapi, jika tetap ngotot memakai HP dalam pesawat terbang, Anda benar-benar makhluk yang tidak hanya bodoh tetapi juga biadab. Anda tak berbeda dengan seorang penjahat yang membuat orang lain terbunuh dan Anda sendiri bunuh diri karena kebodohan dan sikap keras kepala Anda.

Jangan taruh HP dekat kepala waktu tidur! Mengapa? Tips keamanan menggunakan HP dan alat-alat wireless lain

Agustus 11, 2008

Tahun demi tahun berlalu. Kini semakin banyak informasi terdengar dan terbaca tentang risiko memakai HP atau telepon selular secara sembarangan. Berdasarkan informasi itu, berikut ini dikemukakan sejumlah tip aman menggunakan HP dan alat-alat elektronik wireless atau nirkabel.
1. Matikanlah HP waktu tidur malam.
2. Taruhlah HP jauh dari kepala dan tubuh waktu tidur malam.
3. Taruhlah HP jauh dari komputer atau laptop karena radiasi elektromagentik mengganggu kerja komputer Anda.
4. Taruhlah HP sekurang-kurangnya 6 – 7 inci dari tubuh Anda dan orang lain waktu sedang digunakan, waktu berbicara, menulis SMS, dan melakukan download.
5. Jangan taruh HP di saku, dompet, di balik atau pada pinggul sepanjang hari. Pinggul memproduksi 80% sel darah merah tubuh dan terutama rentan terhadap kerusakan radiasi elektromagnetik. Jarak antara HP dan pinggul Anda yang terlalu dekat, walaupun Anda tak menggantungkannya di pinggul, dapat mempengaruhi fertilitas (kesuburan) Anda.
6. Janganlah gunakan HP, entah berbicara atau mengetik SMS, ketika sedang dicharge atau sedang tersambung dengan colokan listrik. Jika terjadi korslet listrik, bisa terjadi kebakaran. Tangan dan tubuh Anda bisa terbakar. Tempat tidur terbakar. Anak di dekatmu juga bisa terbakar. Dan, bisa jadi rumah Anda juga ikut terbakar. (Lihat www.harisghadux.multiply.com)
7. Jangan bicara dengan HP atau telepon nirkabel waktu hamil, dengan bayi atau anak kecil masih dalam gendongan, dekat anak di bawah usia 16 tahun, atau waktu sedang mengendarai (mobil, kereta api, pesawat terbang, atau kereta api bawah tanah). Radiasi terperangkap dan lebih tinggi pada zone metal yang dekat! Kebiasaan memakai HP sambil menyetir memang berbahaya sekali. Tapi, banyak orang tetap keras kepala dan tetap ngotot.
8. Kurangi exposure radiasi elektromagentik terhadap janin dalam pemeriksaan USG, kecuali jika benar-benar perlu.Janganlah gunakan HP ketika masih tersambung dengan listrik.
9. Jangan bicara dengan HP atau telepon nirkabel waktu hamil, dengan bayi atau anak kecil masih dalam gendongan Anda, dekat anak di bawah usia 16 tahun, atau waktu sedang mengendarai (mobil, kereta api, pesawat terbang, atau kereta api bawah tanah). Radiasi terperangkap dan lebih tinggi pada zone metal yang dekat!
10. Kurangi exposure (terpaparnya) radiasi elektromagentik terhadap janin dalam pemeriksaan USG, kecuali benar-benar perlu.
11. Kurangi penggunaan komputer / jauhkan diri dari komputer atau duduk di belakang layar komputer orang lain. Layar datar lebih baik. Gunakanlah koneksi Internet berkabel, bukan WiFi – terutama untuk laptop. Jauhkan laptop dari tubuh dan jauh dari permukaan logam.
12. Tetap pertahankan zone elektromagnetik yang rendah waktu tidur, di rumah, dan untuk pribadi. Pindahkan alarm clock sekurang-kurangnya 3 kaki (atau sekitar 1 m) dari kepala atau gunakanlah tenaga batere. Enam kaki (sekitar 2 m) adalah jarak yang disarankan dari alat-alat elektronik. Hindari tempat tidur air (waterbeds), selimut elektrik, dan kerangka tempat tidur dari logam. Rangka dari futon atau kayu lebih baik.
Baca juga tips untuk meningkatkan resistensi tubuh Anda terhadap kerusakan akibat radiasi elektromagnetik guna meningkatkan kesehatan Anda. Jika ingin baca tulisan lengkap, silahkan klik di sini! jangan-letakkan-hp-dekat-kepala-waktu-tidurfinal21
Bayi pun diberi HP?
Jangan bicara dengan HP sambil menggendong anak!
Belum waktunya anak memakai HP
Jangan gunakan HP ketika masih tersambung dengan listrik.
Inilah akibat memakai HP saat masih tersambung dengan listrik.
Tangan terbakar dan ….
Untunglah bisa cepat tertolong di unit gawat darurat rumah sakit.
Janganlah makan HP-mu! Anda kan sudah termakan oleh iklan HP.
Dari pohon HP kita menuju ke rimba gelombang elektromagnetik di kota besar!
Rasanya HP pun belum juga menjamin privasi.
Perlu kotak peredam suara waktu berbicara dengan HP
Bukan hanya HP Anda yang diborgol. Anda pun sudah terborgol oleh HP.
(Sumber: Medical Alert: Cell Phones, Cordless & WiFi Wireless Communication Produces Dangerous Electromagnetif Radiation (EMR); Lihat www.safewireless.org)
Sumber penunjang:
1. Bengt B. Arnetz, Torbjorn Akerstedt, Lena Hillert, Arne Lowden, Niels Kuster, and Clairy Wiholm, The Effects of 884 MHz GSM Wireless Communication Signals on Self-reported Symptom and Sleep (EEG)- An Experimental Provocation Study, PIERS Online Vol. 3 No. 7, 2007 , halaman 1148-1150, Copyright 2008 PIERS, Lihat www.piers.mit.edu).
2. NATURAL ENERGY WORKS, Cell Phone & Tower RF Radiation Meter, Copyright (C) Natural Energy Works, 1998, Lihat www.orgonelab.org). 3. Jangan gunakan HP waktu masih tersambung ke listrik. Lihat www.harisghadux.multiply.com.

Sumber 

Bersiap, Internet Mati Tanggal 9 Juli

Mungkinkah tanggal 9 Juli mendatang semua jaringan internet dunia akan mati total, apa dan mengapa?
zapp5.staticworld.net
Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan internet pada tanggal 9 Juli mendatang. FBI menyebut hari tersebut dengan sebutan Internet Doomsday atau hari kiamat internet.

Ada apa gerangan? Hal tersebut dikarenakan laporan sebuah serangan trojan yang akan menyapu bersih semua jaringan internet dunia seperti tsunami. Trojan yang bernama DNSCharger Trojan tersebut merupakan ciptaan dari cybercriminal dari Estonia. Trojan ini akan menginfeksi semua PC berbasis Windows dan Mac serta merusak router yang terhubung dengan internet.

Sekarang ini menurut catatan Internetidentity.com, terdapat 4 juta komputer dan router yang terhubung dengan internet. DNSCharger Trojan juga pernah melumpuhkan kurang lebih 500 ribu PC dan Mac di tahun 2007 silam.

Antisipasi terbaik memang memutus segala koneksi komputer atau gadget dari internet pada tanggal 9 mendatang. Walau beredar kabar lain bahwa kabar ini hanya isu belaka. Namun, tak ada salahnya waspada.

Cara lain seperti yang disarankan FBI adalah melakukan tiga langkah antisipasi, yakni:

1. Memeriksa semua pengaturan di dalam komputer.
2. Menggunakan atau mengaktifkan antivirus terbaik di dalam perangkat komputer
3. Memeriksa sistem dalam komputer yang terhubung dengan internet

Jangan sampai lupa, ya...



Sumber:
merdeka

Sejujurnya, inilah Isi Ka'bah...

Tak sembarang orang yang bisa memasuki Ka'bah. Oleh sebab itu, banyak yang bertanya, apa sebenarnya yang ada dalam Ka'bah itu ? Apa benar dalam Ka'bah masih tersimpan berhala-berhala zaman dulu sebagaimana yang dituduhkan kaum perusak Islam?

Sebagaimana yang diperlihatkan dokumenter Kerajaan Arab Saudi, isi dalam Ka'bah hanya berupa ruangan kosong. Bahagian dalam Ka'bah terdapat tiga pilar dari kayu gaharu terbaik. Panjang satu pilar sekitar seperempat meter atau setengah meter berwarna campuran antara merah dan kuning. Ketiga pilar ini berjejer lurus dari utara ke selatan.

Pada awal abad ini (tahun 2000-an), bagian bawah ketiga pilar retak yang kemudian diperbaiki dengan diberi kayu melingkar di sekelilingnya. Ketiga pilar ini dibuat atas inisiatif Abdullah ibn Al Zubair tiga abad yang lalu. Meski demikian, ketiganya masih tetap kokoh hingga saat ini.

Atap dalam Ka'bah penuh dengan ukiran-ukiran mengagumkan, selain diberi lampu-lampu indah yang terbuat dari emas murni dan dari per­hiasan-perhiasan indah lainnya. Lantai Ka'bah dibuat dari batu pualam putih.

tittorohendra.blogspot.com
Dinding Ka'bah bagian dalam dibalut dengan batu pualam war­na-warni dan dihiasi dengan ukiran bergaya Arab. Terdapat tujuh papan yang menempel di dinding ini yang bertuliskan nama-nama orang yang pernah merenovasi atau menambahkan sesuatu yang batu di dalam Ka'bah atau Masjidil Haram.

Dikatakan bahwa tembok Syadzarwan adalah bangunan tambahan pada Ka'bah yang dikerjakan oleh kaum Quraisy. Menurut mazhab Syafi'i dan Maliki, tembok Syadzarwan termasuk bagian Ka'bah, sehingga jamaah haji yang bertawaf harus berada di luarnya. Pendapat sebaliknya dikatakan oleh mazhab Hanafi. Menurut mereka, tembok Syadzarwan bukan merupakan bagian Ka’bah.

Adapun mazhab Hanbali memilih berada di antara dua pendapat di atas. Menurut mereka, menjauhi tembok itu sangat dianjurkan, tetapi seandainya jamaah melakukan tawaf di dalamnya maka tawafnya tetap sah dan tidak sampai rusak.

Yang jelas, belum diketahui secara pasti kapan pertama kali tembok Syadzarwan dibangun. Setiap kali Masjidil Haram dipugar, tempat-tempat di sekitarnya juga dipugar. Yang pasti, tembok Syadzarwan mengalami pemugaran pada tahun 542 H, 636 H 660 H, dan 1010 H.



Selamat Tinggal Kulkas dan Chiller Box!

Sebentar lagi kita bisa menikmati teknologi baru, yakni kaleng minuman yang bisa berubah jadi sedingin minuman es hanya dalam 2 menit! 
 
 
 
Yang perlu dilakukan hanya menekan tombol di dasar kaleng, dan otomatis kapsul dalam kaleng melepaskan karbon dioksida yang mendinginkan kaleng hingga -15 derajat Celcius. Penemunya adalah Profesor Clift, yang sekarang bekerja untuk Pusat Strategi Lingkungan di Universitas Surrey.

Sang profesor menemukan cara yang ramah lingkungan membuat kaleng menjadi dingin - disebut: ChillCan -  tanpa perlu lagi menggunakan refrigeran yang berbahaya. Solusinya adalah menggunakan karbon dari batok kelapa yang terkandung dalam kapsul aluminium di dalam kaleng. Karbon tersebut akan aktif  - mengirim semburan karbon dioksida bertekanan - ketika kita menekan tombolnya.

"Teknologi baru ini akan lebih baik untuk lingkungan daripada penggunaan dispenser," terang Profesor Clift.

 
dailymail.co.uk

 
Keuntungan ChillCan tentu lebih ramah lingkungan, daripada kaleng harus disimpan dulu dalam lemari pendingin (kulkas) atau chiller, yang memboroskan listrik serta penggunaan refrigeran berbahaya untuk ozon.

Kita juga tak perlu repot harus membawa chiller box dan membeli es batu saat pergi berwisata ke pantai yang panas. Jauh lebih hemat energi dan tenaga, kan?

Kabarnya, tak lama lagi ChillCan siap dipasarkan di Inggris. Tinggal ditunggu kapan bisa masuk ke Indonesia, ya.



 
 

Buaya Terbesar Ternyata Ada di Filipina

Selama ini buaya terbesar dan terpanjang di dunia adalah buaya yang ditangkap di Australia beberapa tahun lalu dengan panjang 5,48 meter. Tampaknya, rekor tersebut sudah pecah karena di Filipina ada buaya sepanjang 6,4 meter!
Juru bicara Guinness World Records mengonfirmasi bahwa buaya Filipina ini merupakan buaya paling besar yang pernah ditemukan.

 
dailygossip.org
Dilansir Sky, buaya dengan bobot lebih dari satu ton itu ditangkap karena sejumlah serangan mematikan di daerah terpencil di Filipina bagian selatan. Hewan itu akhirnya dapat diringkus di kota Bunawan.

Tampaknya, buaya yang dinamakan Lolong itu akan menjadi daya tarik baru untuk taman ekoturisme dan pusat penelitian di pinggiran kota. Selain itu, berita mengenai penangkapan buaya itu telah menarik rasa penasaran ribuan wisatawan
kozmedia.com
Kota Bunawan bahkan telah meraih hingga 45 ribu poundsterling dari biaya tiket masuk di taman. Uang itu digunakan sebagai pemberikan pakan serta perawatan buaya tersebut.

Walikota, Edwin Cox Elorde mengatakan bahwa ada kekhawatiran bahwa buaya raksasa yang lain juga kemungkinan masih tersembunyi di tanah rawa. "Kami sangat bangga karena membuktikan keanekaragaman hayati yang kaya di tempat kami. Tetapi di waktu yang sama, ada ketakutan bahwa Lolong mungkin tidak sendiri," tuturnya.

Buaya itu ditangkap dengan perangkap kabel baja, dilakukan oleh warga yang berburu selama tiga minggu setelah seorang anak kecil terbunuh pada 2009 dan seorang nelayan hilang. Sekira 100 orang yang dipimpin oleh Elorde, menarik buaya itu dari sungai menggunakan tali dan kemudian diangkat dengan derek ke dalam truk.

 
 dailystar.com.lb
Wikipedia menerangkan, buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya ikan (Tomistoma schlegelii).

Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya.




 
Sumber:
okezone

Wow Mobil Mustang dan Microsoft Berkolaborasi, Seperti Apa ya?

Mobil Mustang adalah ikon mobil berotot Amerika selama puluhan tahun, sedang Microsoft adalah simbol superioritas Amerika di bidang software komputer. Nah bagaimana jika perusahaan yang membuat perangkat keras (Mustang) disatukan dengan perusahaan perangkat lunak (Microsoft), pastilah sesuatu yang menarik untuk dicermati...



Project Detroit adalah kerjasama Microsoft dengan West Coast Custom (Terdengar familiar bukan?) untuk menjejali mobil Mustang dengan berbagai canggih made in Microsoft. Didalamnya akan dilengkapi Kinect, Xbox, Windows, dan Windows Phone.


Dilengkapi dengan layar sentuh, dan surat masuk bisa terlihat di kaca depan.


Windows Phone anda bisa digunakan untuk mengunci atau menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh, tentu dengan bantuan aplikasi Vipersmartstart.


Dilengkapi dengan sensor gerak Kinect yang mampu mengambil gambar pejalan kaki dan menampilkannya realtime ke layar dashboard. Ketika mobil parkir maka kaca depan bisa digunakan untuk menonton film atau main video game.


Perangkat layar sentuh senantiasa terhubung dengan internet, sehingga anda bisa browsing atau sekedar melihat ramalan cuaca.


Ada orang jahil tenang saja, karena dengan aplikasi di Windows Phone ini anda bisa meng akses kamera mobil anda dan bahkan memperingatkan orang-orang berada di dekat mobil anda. Ini karena aplikasi ini juga bisa mengakses speaker di dalam mobil anda.


Tampaknya mobil yang cocock untuk para geeks ya?

Sumber :
anekainfounik.blogspot.com

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Ada Dangdutan di Dekat Rumah

Sering tidak bisa dipungkiri, tetangga kamu memegang peranan erat dalam kesejahteraan dan ketenangan hidup kamu sehari-hari. Beberapa di antara kita cukup beruntung memiliki tetangga yang suka ngirim-ngirim makanan, minjemin motor atau mobil, bahkan berwujud dedek-dedek gemes atau mamah dan papah-papah muda yang menyegarkan mata.
Tapi gimana seandainya tetangga kamu itu adalah tipe yang hobinya bikin hajatan dangdutan dengan speaker volume maksimal yang bassnya sember membahana? Oh nooo apa yang bisa kamu lakukan? Haruskah kamu cabut setiap kali tetangga kamu bikin hajatan? Duit bisa habis dong ya kalo dipake nongkrong di luaran mulu saban ada dangdutan? Oh tenang saja saudara-saudara, masih ada hal-hal yang bisa kamu lakukan di saat ada dangdutan di deket rumah kamu.

Ikut Jogedan

Ini bisa kamu lakukan kalau kamu emang kebetulan juga penggemar jenis musik dangdut. Lumayan lah ya ada hiburan gratis dari tetangga kamu. Tapi kalau pun misalnya kamu bukan penggemar dangdut juga gak pa pa kok, bukan berarti kamu gak bisa ikutan seru-seruan, dong. Gimana sih, katanya kamu anaknya asik, denger lagu Mabok Janda aja kok KO. Joged dong man, joged! Yang di belakang mana suaranyaaaa?

Berburu Klip

Okelah, sebagai geek sejati ternyata kamu nggak mood buat jogedan. Bukan berarti kamu harus mati gaya dong saat ada dangdutan. Ini saat yang tepat bagi kamu untuk bertandang ke hajatan dangdutan itu dengan bermodalkan gadget perekam terhandal kamu (tapi tetap waspada ya, jangan sampe kecopetan, ntar kamu tambah bĂȘte). Pasang mata pasang telinga dan siap rekam kejadian-kejadian yang kira-kira youtube-worthy. Lumayan, jo, sapa tau jadi makin banyak yang subscribe channel kamu!

Dapetin Backstage Pass

Gunakan kehandalan dan karisma kamu yang luar biasa untuk bisa mendapatkan backstage pass di hajatan dangdutan tersebut. Dengan kata lain, cobalah usahakan kamu bisa nongkrong-nongkrong bareng mas-mas dan mbak-mbak performers sepanjang atau setelah hajatan dangdutan tersebut berlangsung. Mengapa demikian? Ya kamu nggak tau aja kan, siapa tau mereka semuanya itu sebenarnya hanya menyamar (inget film Mendadak Dangdut dong?). Bisa aja dangdutan itu hanya kedok belaka, dan sebenarnya mereka adalah tim mata-mata yang berencana menguasai dunia. Kamu bisa memutuskan untuk membongkar rencana mereka (atau ikutan) kalo kamu berhasil dapetin backstage pass dangdutannya dulu dong.

Main Tebak Lagu

Tapi kamu males keluar rumah, gimana dong? Ya udah. Di rumah aja kalo begitu. Saat hajatan dangdutan itu berlangsung, kamu bisa memilih untuk bermain tebak lagu bersama orang rumah kamu. Alamat Palsu? Hamil Duluan? Cinta Satu Malam? Inilah saatnya menguji perbendaharaan lagu-lagu dangdut kamu. Tentunya, ciptakan hadiah menarik buat yang bisa nebak lagu terbanyak sepanjang malam (terkadang sampai pagi, tergantung seberapa niatnya tetangga kamu bikin hajatan – red).

Marah-marah

Keluar rumah males, tebak lagu juga gak napsu. Ngapain dong? Yak tidak ada hal lain lagi yang bisa kamu lakukan di saat ada dangdutan di deket rumah kamu selain marah-marah seperti biasa. Luapkan kemarahan kamu dan penuhi timeline twitter dan facebook teman-teman kamu. Meskipun nggak menyelesaikan masalah, paling gak kamu merasa sedikit lega karena seluruh dunia tahu bahwa kamu sedang sangat-sangat sengsara. Faham, ya? (smile)

Pasrah

Eh tapi kan marah-marah gak baik buat kesehatan? Gimana dong. Ya udah, pasrah aja gih. Mau diapain lagi coba. Atau belajar sama Nobita gih supaya bisa tidur dengan cepat dan nyenyak di situasi mana pun dan kapan pun.

Bikin Artikel Ini

Ya tapi gak bisa tidur. Nasib. Nasib. Ya udah lah bikin artikel ini aja. Lumayan bisa menghibur orang yang lagi gak ada kerjaan, atau mungkin yang tetangganya juga sedang ngadain hajatan dangdutan. Ah ya sudahlah.

16 Mitos Tentang Tol Cipularang

Tol Cipularang, baru-baru ini menelan korban jiwa dalam beberapa kecelakaan mobil. Mitos seputar tol itu pun banyak menyebar luas. Berikut fakta dan mitos tol tersebut. Menurut pengamat otomotif dan Pendiri & Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, terdapat beberapa mitos dan fakta mengenai tol ini.

tol cipularang

Pertama, jalan tol merupakan jalan bebas hambatan di mana pengemudi bisa melaju dengan aman. Namun tidak pada tol Cipularang. Jalan tol ini memiliki banyak rintangan seperti tikungan dengan derajat ketajaman bervariasi hingga kilometer tertentu dengan sudut hingga 80 derajat.

Selain itu, terdapat turunan dengan sudut hingga 30 derajat. Lintasan yang ada melengkung dan pada musim hujan, banyak terdapat genangan air. Terdapat pula dorongan angin samping pada celah antara bukit-bukit.

Kedua, ukuran tinggi dan besar kendaraan tidak mempengaruhi cara orang mengemudi. Makin tinggi bentuk kendaraan, kualitas kestabilan pada kecepatan tinggi akan berkurang. Makin besar bentuk kendaraan, makin berat kendaraan itu dan akan mempengaruhi momentum inersia kendaraan yang membuat jarak pengereman menjadi panjang.

Berat kendaraan akan mempengaruhi gaya melebar atau menyamping yang terjadi saat menikung. Makin besar kendaraan makan makin besar haluan atau makin besar radius putar kendaraan itu.

Ketiga, jarak pengereman tak dipengaruhi bentuk dan berat kendaraan melainkan sistem pengereman kendaraan itu sendiri. Jarak pengereman ditentukan enam faktor variatif, termasuk kondisi dan perilaku pengemudi, kondisi kendaraan, bobot kendaraan, kecepatan kendaraan, kondisi lintasan serta cuaca.

Keempat, mayoritas penyebab ban pecah dijalan tol adalah akibat tekanan angin yang berlebih. Tekanan angin berlebih tak membuat ban mudah pecah hanya mempengaruhi traksi ban pada permukaan jalan.

Tekanan angin yang kurang dari rekomendasi pabrik ban akan membuat bahan pada dinding ban mengalami keletihan berat akibat elastisitas ban terlalu ditekan disbanding pada tekanan angin normal.

Kelima, mengemudi di lintasan menurun di kecepatan tinggi tak ada bedanya dengan mengemudi di lintasan datar. Mengemudi di kecepatan tinggi di lintasan menurun berisiko tinggi kecelakaan. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan pusat gravitasi dan distribusi bobot.

Di kecepatan tinggi, kendali kendaraan menjadi sangat sensitif dan gaya-gaya yang tak diharapkan bisa mudah terjadi. Pada saat kendaraan bergerak tak sesuai keinginan pengemudi, respon pengemudi sering spontan tanpa diawali proses analisa logika dan hal inilah yang mengawali petaka.

Keenam, karena lancar dan tak padat, potensi kecelakaan dijalan tol lebih ringan dibanding dijalan biasa. Risiko kecelakan malah lebih besar. Hal ini dikarenakan lancar membuat pengemudi cenderung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Alhasil, momentum yang dihasilkan jauh lebih besar dan kendaraan akan sulit dikendalikan.

Ketujuh, mengemudi di jalan tol tak memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi disbanding di jalan biasa. Secara umum, kondisi jalan tol lebar, lancar, kecepatan tinggi dan monoton. Terdapat risiko kecelakaan masif dan hal ini butuh konsentrasi lebih dibanding di jalan biasa. Hal ini menyebabkan mudah letih, kewaspadaan menurun, hasrat untuk memacu kecepatan melebihi kemampuan kendaraan dan pengendara akan lebih tinggi.

Kedelapan, kecepatan kendaraan tak mempengaruhi kestabilan kendaraan. Tiap pergerakan kendaraan akan menimbulkan momentum dan gaya sentrifugal. Makin besar momentum dan gaya sentrifugal yang terjadi, kestabilan kendaraan akan makin berkurang dan mudah bergerak liar seperti terjadinya selip.

Kesembilan, saat menghadapi masalah, tindakan pertama adalah mengerem. Menyikapi masalah saat mengemudi harus diawali proses analisa serta keputusan kemudian eksekusi secara cepat dan tepat. Mengerem bukan selalu menjadi tindakan pertama karena jika dilakukan di tempat dan waktu yang salah, hal ini bisa menimbulkan masalah.

Kesepuluh, pada kecepatan tinggi di atas 80km/jam di lintasan menurun, saat ban depan mobil pecah, tindakan jitu adalah ‘mengerem’ agar kendaraan terkontrol. Pada kondisi ini, pusat gravitasi dan distribusi bobot berpindah ke depan. Hal lain yang perlu diperhatikan, kendali kendaraan ada pada roda depan.

Jika pengereman terjadi mendadak, beban roda depan yang bannya pecah akan lebih besar dan menimbulkan gaya tarik ke arah sisi roda yang pecah itu. Kesulitan pun muncul dan jika tak dapat disikapi dengan tepat, malapetaka menanti. Sebaiknya jangan panik, jangan mengerem dan tahan kecepatan sesaat bagi kendaraan dengan pusat gravitasi rendah.

Jangan mengerem dan naikkan kecepatan 10km/jam sesaat bagi kendaraan dengan pusat gravitasi tinggi. Kemudian arahkan kendaraan sesuai arah lintasan dan tahan kemudi dengan kuat dan erat. Ketika kondisi sudah mulai terkendali, kurangi kecepatan secara bertahap dan arahkan kendaraan ke lintasan yang aman.

Kesebelas, pada kecepatan tinggi di atas 80km/jam di lintasan menurun & menikung dan kendaraan terasa oleng, tindakan jitu yang harus diambil adalah mengerem tajam agar terkendali. Pada kondisi ini, pusat gravitasi dan distribusi bobot berpindak ke depan dan kendali kendaraan ada di roda-roda depan.

Keduabelas, di kecepatan tinggi di lintasan menikung, cara mengemudi tak ada bedanya dengan lintasan menikung lainnya. Pada prinsipnya, saat kendaraan melaju kencang, tingkat kestabilan kendaraan berkurang dan menjadi makin sensitif. Momentum dan gara sentrifugal makin besar dan sulit dikendalikan. Siasati dengan mengurangi kecepatan sejak kendaraan di lintasan lurus dan jangan lakukan perlambatan di lintasan menikung serta pertahankan kecepatan.

Ketigabelas, keletihan disikapi dengan mengunyah permen, merokok, dan berbicara dengan penumpang. Keletihan disebabkan akumulasi kurang tidur, lembur, atau sedang sakit. Cara-cara tersebut tak akan membantu banyak. Pada kondisi ini, kemampuan interpretasi akan menurun dan kontrol anggota tubuh akan melambat. Sebaiknya berhenti dan tidur beberapa saat. Hal ini akan membatu kebugaran Anda.

Keempatbelas, alasan relatif sepi dan lampu mobil terang, mengemudi ke luar kota di malam hari jauh lebih aman dibanding siang hari. Sesuai jam biologis tubuh manusia atau circadian rhythm, malam diciptakan untuk tidur manusia. Seterang-terangnya lampu jalan dan kendaraan, jauh lebih terang saat siang hari. Di Indonesia, tak semua pemakai lalu lintas menggunakan penerangan yang laik. Kondisi dan situasi sepi memicu pengendara terlena.

Kelimabelas, kopi dapat membantu menghilangkan kantuk dan letih. Kopi hanya menstimulasi organ tubuh yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat orang terjaga sesaat namun hal ini akan mengurangi stamina dan kantuk pun bisa cepat muncul lagi. Saat organ tubuh dipicu, stamina melorot dan pengemudi pun sering berhenti untuk buang air kecil.

Keenambelas, mengemudi dengan kecepatan sangat pelan di bawah kecepatan rata-rata jauh lebih aman dibanding kecepatan tinggi. Hal ini sangat berbahaya. Kendaraan harus disesuaikan kecepatan lalu lintas yang ada dan perbedaan signifikan kecepatan tak disarankan karena membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. 


sumber

100 Film Paling Laris Sepanjang Masa

Siapa yang tak kenal film AVATAR? Bagaimana tidak dalam waktu singkat film karya James Cameron ini mampu menumbangkan rekor yang selama ini dipegang oleh TITANIC, dalam hal penjualan tiket di seluruh dunia.

box office movie

Tak banyak memang film yang sanggup bertahan di puncak All-Time Box Office seperti TITANIC, yang juga dibesut James Cameron. Malahan di antara 100 film yang masuk kategori ini hanya film JURASSIC PARK saja yang berumur sedikit lebih tua. 

Fakta spektakuler soal pencapaian yang diraih AVATAR ini membuat kita layak menengok lagi jajaran dua puluh film paling laris sampai saat ini. Berikut adalah daftar lengkap 100 film pengeruk duit sepanjang masa:


RankTitleWorldwide Box Office
1.Avatar (2009)$2,213,621,035
2.Titanic (1997)$1,835,300,000
3.The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)$1,129,219,252
4.Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest (2006)$1,060,332,628
5.The Dark Knight (2008)$1,001,921,825
6.Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)$968,657,891
7.Pirates of the Caribbean: At World's End (2007)$958,404,152
8.Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)$937,000,866
9.Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)$933,956,980
10.Star Wars: Episode I - The Phantom Menace (1999)$922,379,000
11.The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)$921,600,000
12.Jurassic Park (1993)$919,700,000
13.Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)$892,194,397
14.Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009)$887,773,705
15.Spider-Man 3 (2007)$885,430,303
16.Shrek 2 (2004)$880,871,036
17.Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)$866,300,000
18.Finding Nemo (2003)$865,000,000
19.The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001)$860,700,000
20.Star Wars: Episode III - Revenge of the Sith (2005)$848,462,555
21.Transformers: Revenge of the Fallen (2009)$835,276,689
22.Independence Day (1996)$811,200,000
23.Spider-Man (2002)$806,700,000
24.Star Wars (1977)$797,900,000
25.Shrek the Third (2007)$791,106,665
26.Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)$789,458,727
27.Spider-Man 2 (2004)$783,577,893
28.The Lion King (1994)$783,400,000
29.Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull(2008)$783,011,114
30.2012 (2009/I)$766,490,127
31.The Da Vinci Code (2006)$757,236,138
32.E.T.: The Extra-Terrestrial (1982)$756,700,000
33.The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)$738,809,845
34.The Matrix Reloaded (2003)$735,600,000
35.Up (2009)$727,079,556
36.Transformers (2007)$700,759,914
37.New Moon (2009)$685,554,358
38.Forrest Gump (1994)$679,400,000
39.The Sixth Sense (1999)$661,500,000
40.Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl(2003)$653,200,000
41.Star Wars: Episode II - Attack of the Clones (2002)$648,200,000
42.Kung Fu Panda (2008)$633,395,021
43.The Incredibles (2004)$624,037,578
44.Ice Age: The Meltdown (2006)$623,829,763
45.Hancock (2008)$623,546,274
46.Ratatouille (2007)$615,935,493
47.The Lost World: Jurassic Park (1997)$614,300,000
48.The Passion of the Christ (2004)$604,370,943
49.Mamma Mia! (2008)$601,204,210
50.Madagascar: Escape 2 Africa (2008)$594,082,968
51.War of the Worlds (2005)$591,377,056
52.Casino Royale (2006)$587,607,184
53.Men in Black (1997)$587,200,000
54.I Am Legend (2007)$583,986,216
55.Star Wars: Episode VI - Return of the Jedi (1983)$572,700,000
56.Iron Man (2008)$571,827,600
57.Night at the Museum (2006)$571,063,268
58.Quantum of Solace (2008)$569,968,427
59.Armageddon (1998/I)$554,600,000
60.King Kong (2005)$547,051,260
61.Mission: Impossible II (2000)$545,300,000
62.Home Alone (1990)$533,800,000
63.Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back (1980)$533,800,000
64.WALL·E (2008)$532,506,889
65.Monsters, Inc. (2001)$528,900,000
66.The Day After Tomorrow (2004)$527,939,919
67.The Simpsons Movie (2007)$525,532,370
68.Ghost (1990)$517,600,000
69.Terminator 2: Judgment Day (1991)$516,800,000
70.Aladdin (1992)$501,900,000
71.Indiana Jones and the Last Crusade (1989)$494,800,000
72.Twister (1996)$494,700,000
73.Angels & Demons (2009)$485,975,846
74.Toy Story 2 (1999)$485,700,000
75.Troy (2004)$481,228,348
76.Saving Private Ryan (1998)$479,300,000
77.Charlie and the Chocolate Factory (2005)$471,856,431
78.Jaws (1975)$470,600,000
79.Pretty Woman (1990)$463,400,000
80.The Hangover (2009)$461,613,371
81.Bruce Almighty (2003)$458,900,000
82.300 (2006)$456,592,590
83.The Matrix (1999)$456,300,000
84.Gladiator (2000)$456,200,000
85.X-Men: The Last Stand (2006)$455,260,014
86.Shrek (2001)$455,100,000
87.Cars (2006)$454,752,771
88.National Treasure: Book of Secrets (2007)$453,961,501
89.Mission: Impossible (1996)$452,500,000
90.Pearl Harbor (2001)$450,400,000
91.Ocean's Eleven (2001)$444,200,000
92.The Bourne Ultimatum (2007)$440,725,045
93.The Last Samurai (2003)$435,400,000
94.Tarzan (1999)$435,200,000
95.Meet the Fockers (2004)$432,667,575
96.Mr. & Mrs. Smith (2005)$427,936,103
97.Men in Black II (2002)$425,600,000
98.Die Another Day (2002)$424,700,000
99.Dances with Wolves (1990)$424,200,000
100.The Matrix Revolutions (2003)$424,000,000