4 Tips Mencegah Kanker Payudara


* Berjemur matahariVitamin D, yang diperoleh dengan banyak berjemur di matahari pagi juga dapat menurunkan resiko terjangkitnya kanker payudara. Pakar di Amerika mengatakan bahwa bagi kebanyakan orang yang setiap hari berjemur antara 10 hingga 15 menit sudah dianggap cukup. Ini untuk mencukupi vitamin D yang diperlukan tubuh. Namun, ada juga pakar lain yang mengatakan bahwa bila kulit terlalu banyak terkena matahari, maka resiko terkena kanker kulit juga akan bertambah. Maka berjemurlah secukupnya saat matahari belum begitu terik.
* Sering berolah ragaBaru-baru ini suatu majalah komunitas kanker Amerika Serikat, telah menerbitkan sebuah artikel penelitian yang menunjukkan bahwa berolah raga bisa mengurangi resiko terjangkitnya kanker payudara hingga 60%, baik pada wanita yang sebelum ataupun sesudah menopause. Suatu lembaga penelitian di Nawir, telah melakukan riset pada 25.624 wanita. Mereka menemukan bahwa pada wanita yang aktif berolah raga, minimal 4 jam dalam seminggu, maka prosentase kemungkinan terjangkitnya kanker payudaranya menurun hingga 37%.
* Mengontrol berat tubuhDikatakan olah raga bisa mencegah kanker payudara; pada pokoknya hal ini karena olah raga bisa mengontrol masalah kegemukan tubuh. Sebuah penelitian di Universitas Havard menunjukkan bahwa setelah usia 18 tahun, umumnya berat badan pada wanita bertambah secara cepat. Juga dalam masa menopause, prosentase kemungkingan orang-orang ini terjangkit kanker payudara adalah dua kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang setiap waktu selalu memperhatikan berat tubuh yang ideal.
* Tidak mengkonsumsi alkoholPakar-pakar di Amerika berpendapat bahwa, jika anda setiap hari minuman beralkohol sekali, maka resiko kemungkinan terjangkitnya kanker payudara akan bertambah 11%. Bila setiap hari minum dua kali, resikonya menjadi 24%, dan bila setiap hari minum lebih dari dua kali, maka resikonya menjadi 40%. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi para wanita yang suka minuman beralkohol, agar dalam seminggu tidak minum lebih dari tiga kali, dan minum dengan takaran yang secukupnya.