Kumpulan 21 pertanyaan tentang fakta internet

Anda mungkin menggunakan internet setiap harinya tapi seberapa banyak yang anda tahu mengenai internet? Pernahkah anda penasaran bagaimana awal mula semuanya? Seberapa besar internet sebenarnya? Berapa banyak penggunanya saat ini? Berapa lama waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang untuk mengunjungi sebuah website? Inilah 21 fakta yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda tentang internet.

1. Siapa yang pertama kali mengeluarkan istilah WWW (World Wide Web)?
Tim Berners-Lee di tahun 1990. Ia juga dianggap oleh sebagian besar orang sebagai orang yang pertama kali memulainya.

2. Bagaimana awal dari internet?
Banyak orang percaya bahwa semuanya bermula di awal tahun 60an ketika universitas-universitas seperti Dartmouth, Berkeley dan universitas lainnya di US menggunakan komputer IBM-nya secara bergantian. Pada saat itu orang-orang saling berbagi komputer yang sama untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Internet juga mendapatkan bantuan dari Sputnik! Setelah satelit Rusia ini diluncurkan pada tahun 1957, Presiden Eisenhower kemudian membentuk ARPA untuk meningkatkan komunikasi dan jaringan komputer.

3. Siapakah J.C.R. Licklider?
Licklider seringkali disebut sebagai bapak dari internet karena idenya tentang komputer interaktif dan “Jaringan Galaksi” yang merupakan benih awal internet. Idenya kemudian dikembangkan melalui DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) di tahun 1962. Ia kemudian membantu membentuk ARPANET dan dengan demikian maka internet sedang dalam proses penciptaan. Vinton Gray Cerf juga merupakan salah satu pencipta internet. Ia memainkan peran penting dalam penciptaan internet yaitu sebagai orang yang mengembangkan protokol TCP/IP yang kita gunakan untuk internet.

4. Apa itu ARPANET?
ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang didirikan semasa peluncuran Sputnik dan perang dingin. Militer membutuhkan sebuah metode yang dapat mengkomunikasikan dan membagi semua informasi pada komputer untuk kepentingan penelitian dan pengembangan. Hal ini juga akan menjadi sebuah sistem komunikasi yang berguna jika semua cara tradisional dihancurkan oleh sebuah serangan nuklir.

5. Kapan sambungan jarak jauh yang pertama kali dilakukan?
Pada tahun 1965, Peneliti MIT, Lawrence G. Roberts bekerjasama dengan Thomas Merrill, menggunakan sebuah saluran telepon dial-up berkecepatan rendah untuk menghubungkan komputer TX-2 di Massachusetts dengan komputer Q-32 di California.

6. Siapakah Leonard Kleinrock?
Kleinrock mengutarakan teori pertukaran paket, yaitu bentuk dasar dari koneksi internet. Bersama sekelompok siswa UCLA, pada 29 Oktober 1969, Kleinrock terhubung dengan Stanford Research Institute, tetapi ketika mereka mengetikkan kata LOGIN, sistemnya mengalami crash pada huruf G. Jadi LO merupakan kata pertama yang disampaikan melalui internet.

7. Apa itu ethernet?
Sebuah protokol atau sistem untuk serangkaian teknologi jaringan komputer untuk jaringan area lokal (Local Area Network atau LAN), yang asalnya datang dari desertasi Bob Metcalfe untuk Harvard yang berjudul Packet Networks.

8. Kapan mouse pertama diperkenalkan?
Mouse komputer pertama diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Douglas Engelbart di Fall Joint Computer Expo di SanFransisco.

9. Apakah Al Gore benar-benar menciptakan internet?
Tidak, tapi ia memang lebih aktif mempromosikan internet dibandingkan dengan pejabat terpilih lainnya. Ia bahkan bukan anggota kongres ketika ARPANET dibentuk pada tahun 1969 atau ketika istilah ‘internet’ muncul di tahun 1974. Gore baru pertama kali terpilih pada tahun 1976. Gore sendiri yang menyebabkan mitos ini, dalam sebuah wawancara CNN pada tanggal 9 Maret 1999 ia berkata “Selama masa pelayanan saya di kongres US, saya mengambil inisiatif dalam menciptakan internet.” Hal inilah yang membuat banyak orang salah paham.

10. Siapa yang menciptakan istilah “information superhighway”?
Menurut Wikipedia yang menciptakan istilah tersebut adalah Nam June Paik pada tahun 1974 dan Al Gore mempopulerkannya pada awal tahun 1990an.

11. Dekade mana yang benar-benar mengalami kehebohan internet?
Dekade 90an. Internet meledak dengan diluncurkannya Mosaic, web browser populer yang pertama pada tahun 1993.

12. Seberapa cepat pertumbuhan internet?
Sangat cepat. Radio membutuhkan 38 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, TV membutuhkan waktu 13 tahun dan internet hanya membutuhkan waktu 5 tahun. Sumber: CyberAtlas.com

13. Jumlah pengguna internet
Secara kasar 35%nya Inggris, 65% non-Inggris dengan Cina pada 14%. Secara total, sampai Desember 2004, hanya 13% dari seluruh populasi dunia, yaitu 812 juta orang yang merupakan pengguna internet. Amerika Utara memiliki konsentrasi benua tertinggi dengan 70% orangnya menggunakan internet.

14. Negara apa yang memiliki persentase pengguna internet tertinggi?
Swedia dengan 75%.

15. Seberapa besar dunia surfing internet?
Indeks Google saat ini memiliki 8 milyar halaman. Secara kasar ada 812 juta surfer dan terus bertambah. Menggunakan email (67%) dan melakukan penelitian (45%) adalah aktivitas utamanya, yang diikuti dengan mencari info tentang produk atau jasa (41%), membaca berita, ramalan cuaca, dan lainnya (40%). Sumber : Harrisinteractive.com

16. Apa sebutan dari index pertama internet?
Archie adalah indeks pertama yang dibuat pada tahun 1989 oleh Peter Deutsch di Montreal. Archie adalah kependekan dari Archiver dan tidak ada hubungannya dengan komik yang berjudul sama. Backrub adalah nama asli Google. Larry Page dan Sergey Brin menggunakan nama ini untuk search engine mereka di tahun 1996 dan Google melakukan debutnya di tahun 1998. Google adalah plesetan dari Googol yaitu istilah untuk angka 1 yang diikuti dengan seratus angka 0.

17. Siapa yang menciptakan istilah “The web might be better than sex”?
Bob Metcalfe di thaun 1995.

18. Apa kepanjangan HTTP?
HyperText Transfer Protocol yaitu protokol yang digunakan untuk mentransfer konten di internet.

19. Apa itu ISP?
Internet Service Provider yaitu jasa atau perusahaan yang anda gunakan untuk mengakses internet.

20. Apa itu HTML?
HyperText Markup Language yaitu bahasa berformat kode untuk mengirim dan membuat halaman-halaman web hypertext.

21. Bagaimana kebiasaan surfing rata-rata anda menurut Nielsen NetRatings?
Setiap bulannya anda mengunjungi 59 domain, melihat 1.050 halaman dengan menghabiskan waktu rata-rata 45 detik untuk setiap halaman dan total 25 jam untuk semua aktivitas net ini. Setiap sesi surfing rata-rata menghabiskan waktu 51 menit.