Motor Terkecil di Dunia

Seorang desainer Swedia yang juga maniak sepeda motor, Tom Wilberg menciptakan sepeda motor terkecil di dunia. Ukurannya tak lebih besar dari kepalan tangan orang dewasa. Tapi jangan salah, motor ini kuat menahan beban orang dewasa. Motor ini diciptakan tahun 2003.

Motor itu begitu mini. Tingginya hanya 6,5 cm dan panjang 11.4 cm. Roda depannya berdiameter 1,6 cm sementara roda belakangnya, lebih besar sedikit 2,2 cm. Sedang wheelbase-nya hanya 8 cm. Sebagai tenaga penggerak, Tom memasang mesin mini yang berkekuatan 0,3 kw (Bandingkan dengan Yamaha Mio yang punya 5,98 kw).

Dengan bentuk semungil itu bisakah motor Tom Wilberg dikendarai? Ternyata bisa. Untuk mengendarainya bisa dua cara, menggunakan satu kaku atau dua kaki seolah berjongkok yang bertopang pada besi yang dilintangkan di motor. Hasil uji coba menunjukkan motor bisa dibawa sejauh 10 meter dengan kecepatan 2 km/jam.

Karena terbukti bisa mengangkut orang, karuan sepeda motor karya Tom Wilberg itu langsung diganjar oleh Guinnes Books of Records. Dan sampai sekarang, rekor sepeda motor terkecil di dunia tersebut belum juga terpatahkan. Sementara itu, Tom sendiri masih berinovasi dengan membuat sepeda motor tertinggi di dunia.




http://2.bp.blogspot.com/_j7YAROahY7k/SR0JdpxwErI/AAAAAAAAAOU/saCXI2y7Hnw/s400/smallest-motorcycle-2.jpg



BERIKUT MOTOR MINI LAIN TP BS BUAT BALAPAN G KAYA MOTOR DI ATAS KHA KHA KHA