argakencana. Diberdayakan oleh Blogger.

Misteri dan Keindahan Bangkai Kapal Karam


Postingan aneh tapi nyata kali ini adalah mengenai bangkai-bangkai kapal dari seluruh dunia yang bisa jadi pemandangan yang menakutkan sekaligus indah dan menakjubkan. Lihatlah sosok-sosok kapal karam ini sebelum mereka pelan-pelan lenyap diterjang gelombang samudera.

Dahulu, kapal-kapal ini demikian gagah dan cantik, siap mengarungi samudera manapun. Dan sekarang mereka seperti rumah hantu di perairan pantai dengan "kesedihan" sekaligus kecantikan dalam arti yang lain:





Kapal Induk "Hantu"

Dimulai dari yang paling besar.
USS "oriskany" yang agung - kapal induk pembawa pesawat raksasa yang terbuang - telah menjadi surganya para penyelam petualang dan juga bagi penyelenggara tour (wisata). Lebih jauh lihat di sini.





Berlayar sejauh 22 mil lepas pantai dan akhirnya tenggelam di sana tahun 2006, keberadaannya menjadi inspirasi bagi sebagian desainer dalam industri perfilman dan game. Sosoknya seperti sesuatu yang selalu membayangi dan mistis

Proses karamnya kapal raksasa ini sangat spektakuler: lihat kobaran api dalam lambung kapal.

Saat Terakhir Penjelajah Tempur

Ini adalah bangkai kapal militerlainnya, buatan Rusia - Kapal perang "Murmansk".



"Murmansk (buatan 1955) - salah satu penjelajah-penjelajah tempur terakhir. Hilang pada tahun 1994 saat ditarik ke India, dan sekarang teronggok di Sørøya, Finnmark. Saat ini masih utuh, komplit dengan persenjataannya, 5 dek di atas, 5 di bawah air" - cocok untuk petualangan selam.





Bangkai Kapal yang Paling Bnayak Diabadikan sekaligus Indah:

The "American Star" off Hesperides

Salah satu yang paling diingat orang, dan secara visual sangat menarik karena lokasinya di pantai pasir dan juga masa lalunya yang glamour. Lihat saja gambar "SS America" saat peluncurannya tahun 1943:




Sejarah "American Star" didokumentasikan dengan baik di sini. Setelah perjalanannya yang panjang dan catatan yang cemerlang, kapal ini jadi bangkai pada tahun 1994. Ini adalah sosok kapal setelah patah jadi dua:






Inilah gambar-gambar bangkai kapal ini di tahun 2000:






Tapi menyedihkan, bangkai kapal ini akhirnya ditelan laut tahun 2007.




Bangkai kapal lain yang menarik di pantai Queensland adalah Chrry Venture (more info). Sayangnya saat ini sudah dipindahkan.



Kecelakaan Laut

Berikut ini adalah foto-foto yang menggambarkan proses karamnya kapal dalam menghadapi ganasnya alam.

Kapal untuk memancing "Victor Karyakin" menabrak karang di pulau Rybachi. 12 krunya dalam bahaya besar karena tidak ada kapal yang berani mendekat karena terlalu dekat dengan karang meski akhirnya mereka berhasil diselamatkan oleh helikopter dari Norvegian Coast Guard "Sea King".




Tubrukan yang "menarik":



Dalam skala yang lebih kecil:



Tenggelamnya kapal "Twin Star" di Peru 2006:



"Franz Halls" melenceng di pantai Le Palais di Biarritz:



"Capetan Tzannnis" terdampar karena badai di pantai La Madrague, Anglet:





Kapal tenggelam dengan gaya Titanic di Perairan Antartika

Pernah mendengar kapal cruiser Arctic atau Antartika? Meskipun dirancang sebagai kapal pemecah es, tapi tetap saja alam tidak bisa ditebak dengan cuaca yg ekstrem dan akibatnya bisa fatal.

"G.A.P Adventures" membuat kapal penjelajah "Explorer" ini tahun 1969. Untuk menaikinya orang harus mengeluarkan biaya US 9000 dollar per-orang. Tahun 2007 kapal ini terjebak di es, ambruk, dan tenggelam (lihat videonya). 154 penumpangnya sampai berebut untuk menyelamatkan diri ke sekoci dan rakit.





Mirip kisah Titanic, kapal ini menabrak gunung es yang menyebabkab lambung kapal robek sepanjang 25 x 10 cm. Gunung es tidak terlihat karena kapali ni melaju dengan kecepatan yang tidak aman.

Pasha Bulker - Sebuah Fregat Raksasa Terdampar di Autralia

Fregat (kapal pengangkut) batubara sepanjang 820 kaki terdampar di dekat New Castle, Autralia akibat badai. Yang menarik adalah pemandangan kombinasi antara kapal dan pemukiman dekat padang golf yang seperti tidak nyata.







Kecelakaan Kapal-kapal Kontainer




Inilah akibatnya jika kapal segede dan seberat ini terlalu dekat dengan pantai:




Mobil ini kayaknya udah tidak terselamatkan:


Tapi motor yang satu ini kayaknya masih oke:


Kadang-kadang dari awalnya memang sudah ada yang salah:


Bis dan truk ini seperti tergantung di udara:


Bangkai Kapal yang Ditelan Gurun Pasir

Kebanyakan dari gambar-gambar berikut ini diambil dari Pantai Namibian Skeleton:





Bangkai-bangkai kapal Laut Aral (antara Uzbekistan dan Kazakhstan, eks Uni Soviet) ada beberapa tapi jarang orang tahu. Laut Aral "menghilang" karena bencana (perairannya menyusut hingga 80 persen dari volumenya) sejak 1960-an.





Rest in Pieces

Berikut ini kuburan kapal dekat Lisbon, sungguh indah untuk objek fotografi.







Dan ini adalah foto historis dari kapal pribadi Saddam Hussein tahun 2003:



The Sadness & The Beauty

Terakhir berikut ini foto-foto mirip lukisan yang indah ini dari Donibane Sanjuan yang merekam suramnya bangkai-bangkai kapal ini sekaligus keindahannya:


 

Artikel - Artikel

Pengikut