Cleopatra

Cleopatra VII Philopator (Yunani: Κλεοπάτρα Φιλοπάτωρ; Januari 69 SM – 12 Agustus 30 SM) adalah Ratu Mesir kuno, angg0ta terakhir Dinasti Ptolemeus. Walaupun banyak Ratu Mesir lain yang menggumakan namanya, Dialah yang dikenal dengan nama Cleopatra, dan semua pendahulunya yang bernama sama hampir dilupakan orang.


cleopatra001


Ia adalah penguasa Mesir bersama ayahnya Ptelemeus XII, saudara laki-laki sekaligus suaminya Ptolemeus XIII Dan Ptolemeus XIV, Dan akhirnya anaknya Caesarion.

Cleopara berhasil mengatasi kudeta yang dirancang oleh pendukung saudara laki-lakinya yang bersekutu dengan Julius Caesar dan dilanjutkan Mark Antony. Cleopatra memiliki 1 anak dari Julius Caesar dan 3 anak dari Mark Antony (dua diantaranya adalah kembar).


cleopatra002


Cleopatra bunuh diri sewaktu Agustus (Oktavianus) naik tahta dan menyerang Mesir. Cleopatra bunuh diri dengan cara memasukan tangannya sendiri ke dalam keranjang penuh ular berbisa, (Ular sejenis cobra berasal dari Afrika Utara).


cleopatra003


Kisah hidupnya sering didramatisasikan ke dalam bentuk karya, termasuk dalam "Antony dan Cleopatra" oleh William Shakespeare dan beberapa film modern.