Amphicoach: Bus Penumpang Yang Mampu Berlayar

Bus pertama yang bisa berjalan di atas air telah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Dinamai Amphicoach, bus ini diklaim mampu mengangkut 50 penumpang sekali jalan.

Menurut sang penciptanya, George Smith, yang berasal dari Skotlandia, kendaraan ini terlihat seperti bus biasa saat berada di darat. Namun sekalinya menyentuh air kemampuan ‘berlayar’ bus ini akan terlihat sangat memukau.

Roda Amphicoach akan tertarik kedalam semacam lambung kapal yang terbuat dari aluminium berstandar angkatan laut. Ditambah dengan sebuah mesin jet, Amphicoach mampu berlayar hingga delapan knot.

George juga menambahkan kalau faktor kenyamanan dan keselamatan penumpang Amphicoach setara dengan bus mewah kebanyakan.

“Disisi lain, kemampuan Amphicoach dalam berlayar juga telah diakui para ahli kelautan yang terlibat dalam pryek pengembangan. Mereka sangat terpukau dengan kemampuannya.” ujar sang juru bicara.

“Amphicoach sangat sesuai digunakan sebagai kendaraan tur diatas air. Ia juga mampu beroperasi siang atau malam, pada air tawar maupun asin.”

Kendaraan ini akan diproduksi sebanyak 12 unit setiap tahun. Kabar lainnya, beberapa negara seperti Australia, Belanda, dan Jerman juga sudah mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap kendaraan ini.

“Suatu saat nanti, orang-orang tidak akan lagi puas menikmati tur dalam kota. Mereka pasti akan meminta paket tur lengkap mempergunakan bus yang bisa mengantar keliling kota namun juga bisa dikendarai diatas air.”