Penambah Wawasan dan Kreatifitas

Yang Perlu Diketahui tentang YouTube Video

14.45 Posted by Much Rozin
Tak bisa dipungkiri lagi, kalau YouTube masih merupakan “online video sharing” yang banyak dikenal dan dikunjungi orang di dunia. Padahal masih ada Metacafe, Revver, Blip.tv atau bahkan Yahoo Video yang juga sama-sama menyediakan Video Klip, Trailer Film sampai kepada Trailer Game untuk dilihat dan didownload dengan bebas.

Nah, bagi anda yang baru saja kenal sama YouTube, berikut ini adalah 5 hal mudah dan menarik yang bisa anda lakukan dengan YouTube Video Anda. Dijamin bakal membuat Anda ketagihan untuk terus mengunjungi YouTube dan mencari video-video terbaru.

Download

Namanya juga online video sharing, jadi anda bisa mendownload setiap video yang ada di YouYube. Sayangnya, anda tidak menemukan tombol “Download” untuk mulai mendownload video yang anda sukai. Jangan putus asa, langkah mudah bisa anda lakukan, klik kanan pada Video yang akan anda download – Save Target As atau copy link video yang akan download dan paste di Download Manager yang anda pakai atau di KeepVid Lite,. Atau kalau anda memakai Firefox, instal saja VideoDownloader Extension, yang akan mampu menyimpan semua file yang disertakan pada sebuah halaman web termasuk video file dari YouTube ini.

Nonton YouTube Video Offline

Anda sudah mendownload video yang anda inginkan, pas anda mau menonton di Windows Media Player atau Winamp, ternyata tidak bisa dibuka? Tenang aja, seperti kita ketahui bahwa YouTube Video mempunyai format file .FLV (Flash Video), jadi anda bisa menggunakan FLV Player, Adobe Media Player atau Riva FLV player. untuk memulai nonton YouTube secara offline.

Video yang Anda Download terlalu panjang untuk ditonton

Anda merasa bahwa video yang anda download terlalu panjang, dan anda ingin memotongnya menjadi bagian-bagian kecil? Pakai saja FLV Parser atau RichFLV yang akan mampu memotong YouTube Video anda menjadi bagian-bagian kecil. Anda bisa membuang / mensensor bagian atau adegan yang tidak anda inginkan dari video yang baru saja anda download.

Converting

Anda tidak suka file berformat FLV karena sedikitnya player yang bisa memutarnya? Convert saja file FLV anda ke format AVI atau MOV atau bahkan ke Flash SWF dengan menggunakan software Super Video Encoder atau mungkin sebaliknya anda ingin merubah file AVI, MPEG, MOV, 3GP menjadi file FLV, untuk hal ini anda bisa memakai Riva FLV encoder.

Editing

Anda telah mendownload YouTube Video, tapi kemudian anda ingin kalau Video yang anda download tersebut memakai background musik yang anda sukai, atau anda ingin menambahkan nama anda, atau photo anda pada Video tersebut? Cukup mudah, pergunakan Windows Movie Maker bawaan Windows XP anda untuk mengedit YouTube Video anda. Caranya? Rubah dulu format FLV ke format AVI dengan memakai Super Video Encoder, setelah itu edit di WMM kalau sudah selesai rubah lagi formatnya menjadi FLV dengan menggunakan Riva FLV encoder.