Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban  yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika  pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.
 
  
  
 Sebenarnya, ukuran ban  pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini  tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih  ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban  tersebut menahan torsi berat pesawat.

Ban  pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan  yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil  penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat  yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan  sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban  mobil.

Kelenturan  yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat  mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat  bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali  kecepatan maksimum mobil. Jadi, kecil-kecil cabe rawit lo!
