Omni Freeze Ice, Baju Anti Gerah Hasil Penelitian Ilmuwan

Pemanasan global membuat orang sering mengeluh kepanasan. Cuaca panas ekstrim di musim kemarau sebenarnya bisa ditangani dengan menyalakan AC atau kipas angin. Tapi itu hanya berlaku di dalam ruangan. Kalau Anda ke luar, tetap saja akan kepanasan.

Untuk mengatasinya, Columbia menciptakan jaket dan sepatu khusus. Namanya Omni Freeze Ice.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1613512.jpg

Pakaian ini terbuat dari serat khusus, yang bahannya bisa menyerap panas tubuh jika menyentuh permukaan kulit. Pada saat basah (oleh air atau keringat), seratnya akan aktif menurunkan suhu pakaian serta orang yang memakainya.

Tingkat dinginnya tergantung kelembapan kulit dan kuat-tidaknya hembusan angin di sekitar kita. Saat kita bergerak, baju ini juga terasa lebih dingin dibanding saat diam.

Bahkan jika kita mengaduk material serat itu ke dalam segelas air, air itu akan berubah jadi es. Itu karena bahan kimia yang terdapat dalam serat. Kemampuan pendingin itu tidak berlaku selamanya, tapi bisa bertahan selama 50-70 kali pencucian.

Baju ini baru akan dijual di pasaran oleh produsennya pada 2012. Mungkin baju ini juga dipersiapkan untuk mengahalau panasnya badai matahari yang diprediksi akan dimulai pada tahun tersebut.