Penambah Wawasan dan Kreatifitas

Bukit Salib Lithuania Yang Luar Biasa

08.41 Posted by Much Rozin

Bukit Salib atau“Kryžių kalnas” adalah sebuah situs ziarah yang berada sekitar 12 km di sebelah Utara Kota Šiauliai, di Lithuania Utara. Awal mulanya tidak diketahui dengan pasti, tetapi dianggap bahwa salib-salib pertama ditempatkan pada bekas Bukit Benteng Jurgaičiai atau Domantai setelah Perlawanan tahun 1831.

http://www.qedata.se/bilder/gallerier/litauiskt-galleri/korskullen/korskullen-oversikt.jpg


http://ivandsamudra.files.wordpress.com/2010/02/hill-1.jpg

Selama berabad-abad, tidak hanya salib-salib biasa, namun juga salib-salib raksasa, patung-patung kayu dari para pahlawan Lithuania, patung-patung Yezus Kristus dan Bunda Perawan Maria dan ribuan patung mini dan rosario diletakkan di tempat itu oleh para peziarah Katolik. Jumlah salib-salib yang ada tidaklah diketahui, namun diperkirakan berjumlah sekitar 50,000 batang. Selama berabad-abad, tempat ini telah menjadi simbol kesinambungan iman Katolik Rakyat Lithuania melewati berbagai tantangan yang harus dihadapinya sepanjang sejarah.

http://4.bp.blogspot.com/_a2Ac_i7cQNk/SwU0JNbA_MI/AAAAAAAADa8/Y33q49kuimw/s1600/Hill+2.jpg

http://www.sacredsites.com/europe/lithuania/images/hill-crosses-01-500.jpg

Setelah Persemakmuran Polandia-Lithuania pecah pada tahun 1795, Lithuania menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia. Rakyat Polandia dan Lithuania bangkit menentang penguasa Rusia dalam Perlawanan November 1831 dan Perlawanan Januari 1863, namun gagal. Kedua gerakan perlawanan itu berhubungan dengan permulaan Bukit Salib: karena sanak-famili dari para pejuang yang gugur, yang tidak dapat menemukan jenazah anggota keluarga mereka, mulai menempatkan salib-salib simbolik di sebuah bukit bekas tempat pertahanan.

http://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/ScnJvpfLazI/AAAAAAAAI_E/fBl5E95zL54/s400/Hill-of-Crosses-4.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/ScnJvswWWuI/AAAAAAAAI_U/uflv40xuK54/s400/Hill-of-Crosses-2.jpg

Tatkala struktur politik lama dari Eropa Timur runtuh pada tahun 1918, Lithuania sekali lagi memproklamasikan kemerdekaannya. Selama waktu itu, Bukit Salib digunakan oleh Rakyat Lithuania sebagai tempat untuk berdoa bagi perdamaian, bagi tanah air mereka, bagi orang-orang terkasih yang telah hilang dari mereka selama Perang Kemerdekaan Lithuania.