Perjalanan ke Planet Mars



Kenapa manusia harus berlomba mencapai Mars?
Menurut buku karya Robert Zubrin ini, selain karena Mars adalah planet terdekat yang memiliki banyak kesamaan dengan Bumi, adalah karena Mars sangat kaya mineral, terutama mineral berharga seperti perak dalam jumlah yang berlimpah. Kedua, Mars sangat kaya dengan Deuterium, bahan untuk energi fusi nuklir yang sangat langka dan mahal di Bumi.

Mars bisa menjadi sumber bisnis dan industrial yang sangat besar dan menguntungkan bagi bangsa manapun yang bisa mencapainya pertama kali.

Di tahun 2005, Para ilmuwan telah menemukan ladang es raksasa di kedua kutub Mars. Mereka juga percaya bahwa jutaan tahun yang lalu, Mars adalah planet yang sebagian besarnya terdiri dari air...

Dan NASA juga telah menyimpulkan pada Maret 2007, bahwa bila seluruh es yang ada di Mars dicairkan, maka air dari lelehan es itu akan menutupi seluruh Mars, sampai kedalaman 11 meter..

Jika disana dulu pernah ada air, maka ada kemungkinan, dulu juga pernah ada kehidupan di Mars..







Planet Mars, 9 Januari 2004, NASA's Mars Exploration Rover Spirit. Ini adalah foto dengan resolusi tertinggi daratan di Mars yang dikirim wahana NASA, Spirit Rover tahun 2004. Jarak Bumi dan Planet Mars adalah antara 55,7 juta km sampai 78 juta km jauhnya tergantung posisinya dalam mengelilingi Matahari.