Penambah Wawasan dan Kreatifitas

Penjelasan Teoritis Mesin Waktu

15.02 Posted by Much Rozin
1. PENGERTIAN RUANG WAKTU

A. MISKONSEPSI TENTANG RUANG WAKTU
Q: Apakah ini pendapat kamu tentang waktu?
A: waktu selalu berjalan dengan kecepatan yang sama dimana-mana di seluruh alam semesta ini
Q: Apakah ini pendapat kamu tentang ruang?
A: ruang ya begitu aja.. 3 dimensil dan statis

Maka kamu salah!
ternyata ruang waktu itu sangat relatif, bisa berubah-ubah tergantung keadaanya..
dan ini buktinya...

B. BUKTI RELATIVITAS RUANG WAKTU

Ada 2 hal yang bisa mempengaruhi ruang waktu... Kecepatan dan gravitasi
dan ini buktinya...

a. Gravitational Lensing:

Bagaimana gravitasi bisa mempengaruhi ruang dan waktu? Gini, pertama kamu jangan salah paham tentang gravitasi, gravitasi bukan cuma sesuatu yang narik kamu ke bumi, bukan!
Gravitasi adalah pembengkokan ruang dan waktu yang dilakukan oleh benda bermassa dan semakin besar massa suatu benda, semakin besar pula pembengkokkan ruang waktu yang dilakukannya.

dan ini adalah bukti dari pembengkokan


Lihat di tengah gambar tersebut keliatan banget gambarnya 'menggembung'.. ini terjadi karena galaksi yang dilewati cahaya tersebut memiliki massa yang besar sehingga ruang waktu bengkok.. dan saat cahaya melewatinya, jalur cahaya tersebut juga membengkok.. jadinya keliatan menggembung

Ccoba kita liat gambar ini kalo (misalnya) dilihat dari samping
Kenapa ruang waktu bisa membengkok karena massa yang besar?

Ini karena ruang waktu bersifat seperti kain..
Kalau sebuah kain seprei dibentangkan dan kamu menaruh bola bowling di atasnya maka bola bowling itu akan membengkokkan seprenya kan?

Itulah yang terjadi di alam semesta ini, pembengkokkan ruang oleh benda bermassa


b. Muon

Muon adalah partikel yang hanya hidup selama 2/1juta detik, Muon terbentuk saat cosmic ray terbentur atmosfir atas bumi..

Karena Muon hidup hanya selama 2/1juta detik, HARUSNYA mereka hanya mampu berjalan sekitar beberapa ratus meter sebelum lenyap, tapi kenyataanya, banyak Muon ditemukan di permukaan bumi..
Kenapa bisa begitu?
Karena kecepatan mempengaruhi waktu.. semakin cepat suatu benda bergerak, semakin lambat waktu berjalan baginya.. ini yang disebut dilasi waktu..

Inilah kenapa si Muon yang hidup selama 2/1juta sekon mampu sampai ke permukaan bumi..

Karena 2/1juta sekon bagi dia = beberapa sekon bagi kita.


2. PERGI KE MASA DEPAN


A. DENGAN KECEPATAN
Ingat si Muon? Dia mampu 'pergi ke masa depan' karena ia memiliki kecepatan yang luar biasa!

JADI TEORINYA GINI:

Kita bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, supaya waktu berjalan lebih lambat bagi kita dan begitu kita kembali ke kecepatan normal, maka bumi sudah futuristik gitu.

Hanya saja ada masalah mengenai ini:

Yang doyan ngebut-ngebutan pasti tahu.. semakin cepat suatu benda bermassa bergerak, semakin berat dirinya dan semakin berat sesuatu, semakin besar tenaga yang diperlukan untuk menggerakkanya..

Maka untuk menggerakkan kita mendekati kecepatan cahaya, diperlukan energi yang luar biasa besar dan seluruh energi di bumi pun nggak bakalan cukup..


B. DENGAN GRAVITASI
Diatas sudah gue jelasin tentang pengaruh gravitasi terhadap ruang, bukan terhadap waktu. Tapi karena ruang dan waktu terikat erat, maka perubahan di ruang juga berpengaruh terhadap waktu..

Maka...

Semakin besar suatu daerah terbengkokkan ruangnya maka waktunya akan berjalan semakin lamban..

Contoh:

Karena semakin dekat kamu ke inti bumi, semakin besar pula gravitasinya, dan sebaliknya. Waktu bagi maka orang yang ada di permukaan bumi, lebih lambat bagi orang yang ada di lantai 100 gedung bertingkat! (walaupunpun perbedaan jarak waktunya sangat sangat sangat kecil banget)

JADI TEORINYA GINI:
Kita pergi ke tempat yang massanya lebih gede dari bumi, supaya waktu berjalan lambat bagi kita dan cepat bagi bumi, sehingga pas kita balik ke bumi.. bumi sudah futusitik..
Apa coba benda yang massanya jauh lebih gede dari bumi yang memungkinkan perjalanan waktu? Ya, black hole atau yang biasa disebut lubang hitam.

Black hole adalah benda yang bermassa luar biasa dan sangat padat dan tentu saja gravitasinya gila-gilaan..

Dengan gravitasi yang gila, tentu aja bakalan memperlambat waktu dengan gila! (bahkan di pusat black hole/singularitas waktu berhenti saking kuat gravitasinya)

Tapi, seperti menjelajahi waktu dengan kecepatan, hal ini juga punya masalah.. masalah sangat besar!

KAMU BAKAL MATI!! Begitu kamu melewati event horizon, nggak ada cara bagi kamu untuk keluar, maka kamu bakal terhisap ke sigularitas dan dihancurkan sampai ketiadaan..

3. WORM HOLE

Kalau cara-cara diatas sepertinya hanya bisa pergi ke masa depan tanpa bisa ke masa lalu, kalau worm hole bisa pergi ke masa depan maupun masa lalu..

Lalu apa itu worm hole?

Gini, seperti kita ketahui, ruang waktu itu seperti kain atau kertas jugalah..

Sekarang kamu ambil kertas, bikin titik A dan titik B, jaraknya misalnya 10 cm, kalau kita mau jalan dari A ke B, tentu bakal 10 cm, bukan?

Nggak, coba kamu lipet kertas itu, dekatkan A ke B dan buat lobang di kertas itu, lubang itulah yang disebut worm hole.. jalan pintas menembus ruang waktu...

Nah, karena melalui jalan pintas ini kamu berarti jalan lebih cepat daripada cahaya (yang melalui jalan biasa) maka kamu bisa pergi ke masa depan dengan ini dan tergantung cara kamu melipat ruang waktunya. kamu bisa juga pergi ke masa lalu.

Masalah dari worm hole tentu saja jelas.

1. Kita belum tahu bagaimana cara melipat ruang.

2. Perlu energi yang luar biasa untuk 'melubangi' ruang waktu.

4. MESIN WAKTU RONALD MALLET

Kamu pasti pernah denger E=mc^2? Energi yang dihasilkan = massa. x kecepatan cahaya kuadrat..

artinya, kalau kamu melarikan sebuah benda bermassa M (kg) dengan kecepatan c (m/s) kuadrat, maka kamu akan menghasilkan energi sebesar E (joule).

Jadi menurut teori ini, baik materi maupun energi mampu menciptakan medan gravitasi dan karena cahaya adalah energi, dia PAKAI sinar laser untuk membuat gravitasi. Yang dia lakukan adalah menyilang-nyilangkan banyak sinar laser untuk menciptakan efek gravitasi, membuat lubang di ruang waktu, dan (menurutnya) bisa menciptakan mesin waktu.

TAPI

1. Lubang di ruang waktunya sangat kecil, boro-boro manusia bisa masuk! mungkin hanya partikel sub atomik yang muat.

2. Kemampuannya kembali ke masa lalu terbatas pada waktu mesin waktu tersebut dinyalakan, misalnya mesin waktunya dinyalain jam 12 tanggal 1 januari 2009. Nah ya paling mentok ke masa lalunya ya ke jam 12 tanggal 1 januari 2009 itu nggak bisa ke sebelumnya..

Mesin waktu ini masih dalam tahap pengembangan. Walaupun banyak yang pesimis, tapi Ronald Mallett tetap melanjutkannya.


6. TIME PARADOX

Bagaimana kali kita sudah punya mesin waktu yang benar-benar bekerja? Apakah menggunakannya bakal membuat kekacauan di ruang waktu?
Mungkin gak ini terjadi? Bagaimana jika kamu bunuh kakek kamu sebelum bapak kamu ada? Apa kamu bakal hilang nantinya?
Karena semua hal yang kita lihat ini terbuat dari atom, maka mendingan kita lihat dulu apa yangg terjadi di dunia atom. Sebenarnya partikel-partikel atom itu penjelajah waktu secara alami.

Ini adalah percobaan 2 celah, sebuah partikel (elektron) ditembakan melalui sebuah celah, lalu dari celah tersebut dibuat lagi 2 celah dibelakangnya.

Harusnya kan partikel memilih salah satu dari 2 celah tersebut untuk dilalui kan? Tapi anehnya enggak! ternyata 1 partikel dapat melalui 2 celah!!

Ini berarti sebuahpartikel dapat berada di 2 tempat sekaligus! dan karena kita terdiri dari partikel, kita mungkin juga bisa berada di 2 tempat secara bersamaan. Hal ini membuat ilmuwan memikirkan tentang teori gila lainnya. multiverse.

MULTIVERSE

Pernah nonton filmnya 'Jet Lee the One?

Disini diceritain bahwa si Jet Lee ini punya banyak kopi dirinya di semesta-semesta lain. di semesta A dia jadi polisi, di semesta B dia jadi beach boy, dll.

Ilmuwan percaya ini sangat mungkin terjadi. Kenapa? Ingat partikel yang bisa menjadi 2 tadi? bila partikel-partikel yang menyusun alam semesta ini bisa bercabang menjadi 2 sekaligus, mungkin saja seluruh semesta kita ini bisa bercabang-cabang bila ada cabang bagi kemungkinan yang akan terjadi.

Misalnya:
Beckham nendang freekick, jadi kemungkinannya: meleset ke kiri, meleset ke kanan, kena pager betis ditepis, ditangkep, gol, bisa juga dia tiba-tiba mati jantungan, dsb. jumlah kemungkinannya tak terbatas.

Maka jika sebuah objek dihadapkan kepada kemungkinan yang buanyak ini, maka semesta akan bercabang-cabang mengikuti kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi..
Memang kedengerannya gila. Tapi bila partikel bisa melakukannya, maka seluruh semesta yang terdiri dari partikel ini dapat melakukannya, kan?

Balik lagi ke pertanyaan semula..

Apa yang terjadi kalau kamu membunuh kakek kamu sebelum dia ngelahirin bapak kamu?

Ingat multiverse tadi?

Ini membuktikan kalau kamu kembali ke masa lalu dan mangubah sejarah. Apa yang sudah terjadi di semesta kamu nggak akan berubah, kamu nggak bakalan hilang!

KArena itu hanya akan membuat semesta baru, yang berbeda dengan semesta kamu sebelumnya.