Penambah Wawasan dan Kreatifitas

Gereja Dengan Program Wajib Membaca Al Qur'an

20.10 Posted by Much Rozin



Sebuah gereja di Atlanta, Amerika, sedang melakukan usaha buat meningkatkan hubungan Kristen serta Islam di jemaatnya lewat program berskala nasional dimana jemaat membaca terjemahan al-Qur'an dalam Bahasa Inggris.

Program studi yang diberikan nama "Yesus di antara Qur'an" ini diselenggarakan di Memorial Drive Presbyterian Church, Houston. Program studi ini berangkat asal perintah Kristus di antara Alkitab, "kasihilah sesamamu."

"Pada tahun 2001, sebagaimana mayoritas orang Amerika Serikat, kami disadarkan bersama kehadiran Islam di dunia serta di Amerika," ucap Jon Stallsmith, satu orang pelayan di Grace Fellowship Church, yang memprakarsai program "Yesus di antara Qur'an" beberapa tahun silam.

"Yesus berkata sebenarnya kita wajib mengasihi sesama kita. Kita tak boleh melakukannya tanpa mengadakan hubungan bersama mereka."

Menurut jajak pendapat yang diselenggarakan dari Pew Forum, cuma terdapat sekira 30 persen asal penduduk Amerika Serikat yang mempunyai pengetahuan yang baik mengenai Islam. Sementara, lebih dari separuh menyebutkan belum mempunyai pandangan yang cukup atau lebih-lebih tak mengetahui sama sekali akan iman Islam.

Disebabkan oleh program itu diselenggarakan berbarengan bersama hebohnya rancangan pembakaran al-Qur'an dan kontroversi akan pendirian masjid di Ground Zero, hingga program ini pun mendapatkan bermacam kritik. Sebagian masyarakat Kristen menuturkan sebenarnya al-Qur'an merupakan kitab Iblis karenanya orang Kristen tak bisa bekerja berdampingan bersama orang Islam.

"Perkembangan politik belakangan ini dan kenyataan sebenarnya kita sedang berperang di dua negara Muslim mestinya mempertajam maksud kita buat memahami akan mereka (Islam)," ucap Stallsmith.

"Kami menginginkan mendapatkan perdamaian, rekonsiliasi di antara cara memahami Kitab Suci tentang Yesus."

Menurutnya, Yesus di antara Qur'an menawarkan titik temu untuk Kristen serta Muslim. Lewat program studi ini, jemaat di kota-kota besar semacam Atlanta, Seattle serta Detroit hendak dimungkinkan buat menjangkau masyarakat Muslim setempat, khususnya para pengungsi.

10 Pelarian Terhebat Dari Penjara

20.08 Posted by Much Rozin
10. Gerard’s Tower Of London Escape
Yohanes Gerard adalah seorang imam Yesuit abad keenam belas yang dikenang sebagai satu-satunya orang yang pernah melarikan diri dari Menara London terkenal. Gerard diletakkan di Menara untuk melaksanakan misi keagamaan selama waktu ketika Gereja Katolik berada di bawah penindasan Elizabeth di Inggris. Dia sering mengalami interogasi, dan meskipun tidak pernah melanggar bahkan di bawah penyiksaan, ia akhirnya dihukum mati. Gerard segera mulai merencanakan untuk melarikan diri, dan mampu berkomunikasi dengan sekutu di luar, selundupan melalui catatan yang ditulis dalam tinta yang tidak terlihat terbuat dari jus jeruk. Setelah satu usaha gagal, Gerard mampu untuk melarikan diri ketika beberapa kaki mendayung perahu ke Menara parit dan berhasil mendapatkan tali ke arahnya. Gerard hampir jatuh ke kematiannya karena tangannya begitu terluka dari penyiksaan, tapi ia berhasil naik ke perahu dan diselundupkan keluar dari Inggris untuk menjalani sisa hidupnya di Roma.


9. Dillinger’s County Jail Escape
bandit legendaris era 30an, John Dillinger terlibat dalam sejumlah kekerasan sering luput dari penjara. Pada tahun 1933, ia dan geng insinyurnya yang berani melarikan diri dari sebuah penjara di Lima, Ohio. diselundupkan setelah mereka menggunakan senapan untuk menembak mati dua penjaga. Tapi Dillinger lolos. paling terkenal dari semua datang pada tahun 1934, setelah ia ditangkap setela merampok sejumlah bank terkenal di heists. Dillinger dimasukkan dalam "pelarian-bukti" Lake County Jail, sebuah penjara yang dijaga oleh sepasukan polisi dan pasukan Garda Nasional. Dalam apa yang telah menjadi semacam legenda, Dillinger dikatakan telah membuat pistol palsu dari sabun dan menggunakannya untuk membuat jalan keluar dari penjara. Dalam khas gaya kurang ajar, ia kemudian mencuri Sheriff Ford baru dan membuatnya melarikan diri ke Illinois. Ironisnya, justru langkah ini- dengan mengendarai kendaraan curian di garis-negara yang mendapati FBI mengikuti jejaknya dan akhirnya menyebabkan kematiannya.

8. The Libby Prison Escape
http://www.toptenz.net/wp-content/uploads/2009/08/887345219_720c4f0c9f.jpg
Richmond, Virginia's. Penjara Libby adalah salah satu penjara yang paling terkenal dari Perang Saudara, tetapi juga merupakan situs salah satu konflik yang paling berani melarikan diri. Pada tahun 1864, sekelompok dari 15 Uni tentara di bawah pimpinan Kolonel Thomas E. Rose dan Mayor AG Hamilton berhasil membuat terowongan melalui penjara ruang bawah tanah ke sebuah tanah kosong. Ini bukan tugas yang mudah, seperti ruang bawah tanah Libby gelap dan penuh kutu, ruang bawah tanah kepada orang-orang yang dikenal sebagai "Rat Neraka," tapi setelah tujuh belas hari menggali, mereka tiba di gudang tembakau di dekatnya. Dari sini, 109 tentara berhasil melarikan diri ke kota Richmond dan membuat kabur garis Uni di dekatnya. 48 dari orang-orang itu ditangkap kembali, dan 2 tenggelam di sebuah sungai terdekat, tetapi 59 orang berhasil selamat dari pasukan Federal. Pelarian mereka dari penjara merupakan yang paling berhasil dan paling sukses mematahkan Perang Saudara.

7. Casanova’s Escape from the Leads
seorang penulis venesia dan petualang Giacomo Casanova dikenang karena menjadi seorang wanita laki-laki, tetapi ia juga bertanggung jawab terhadap salah satu pelarian hebat dari penjara besar sepanjang masa. Pada tahun 1753, setelah mendapatkan reputasi untuk pesta pora dan perzinahan, Casanova ditangkap dan dipenjara di leads, dinamakan demikian karena dilengkapi dengan atap timah yang dirancang untuk mendorong gerah dan membuatnya tidak mungkin melarikan diri. Setelah penyelundupan spike logam ke dalam sel, Casanova dan imam murtad terbatas berhasil mendekati terowongan melalui langit-langit sel mereka. Setelah melalui, mereka membongkar piringan di atap dan masuk ke ruangan lain melalui sebuah jendela atap. Menggunakan kombinasi dari tangga dan tali, duo ini berhasil membuatnya sampai ke lantai dasar, dan setelah memecahkan kunci dan menyelinap melalui lorong-lorong penjara, mereka melarikan diri dengan gondola ke jaringan kota sungai. Casanova kemudian menulis tentang pelarian dalam memoar yang populer, dan meskipun banyak yang telah berspekulasi bahwa mungkin cerita dibumbui, bukti dari tempat kejadian tampaknya memang benar.

6. Pascal Payet’s Helicopter Escapes
http://4.bp.blogspot.com/_MeNR-fS-Gw0/S22I3UAzvsI/AAAAAAAAABQ/kd-ryKQk38Q/s320/5.jpg
Banyak penjara di Eropa telah mempunyai pusat pelatihan heli di atap mereka, sebuah figur kriminal Perancis Pascal Payet telah berulang kali menggunakan keuntungannya. Payet awalnya dipenjara untuk pembunuhan yang terjadi selama perampokan yang gagal pada mobil van keamanan, dan dihukum tiga puluh tahun di Perancis's Luynes Penjara. Pada tahun 2001, ia berhasil melarikan diri ketika seorang kaki tangan hanya mengangkatnya dari atap penjara dengan helikopter yang dibajak. Payet bahkan kembali ke penjara dua tahun kemudian dengan helikopter lain dan melanjutkan untuk membantu tiga tahanan lain membuat mereka melarikan diri, tetapi keempat pria itu ditangkap kembali, dan Payet diberi tujuh tahun penjara atas perannya dalam pelarian dari penjara. Hebatnya, pada tahun 2007 Payet lagi2 melarikan diri melalui helikopter, kali ini dari Grasse penjara di tenggara Perancis. Dia diangkat dari atap oleh empat kaki bertopeng yang telah membajak sebuah helikopter dari bandara terdekat dengan mengancam untuk membunuh pilot. Setelah mendarat di dekat Laut Tengah, pilot dirilis, dan Payet dan antek-anteknya menghilang tanpa jejak.

5. Dieter Dengler’s Prison Camp Escape
Dieter Dengler adalah seorang Jerman-amerika, pilot Angkatan Laut Amerika yang terkenal karena berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam di sebuah penjara di hutan. Pada awal 1966, pesawat Dengler ditembak jatuh oleh pesawat anti api di Laos, dan ia ditangkap dan dikirim ke kamp penjara yang dikelola oleh Pathet Lao, sekelompok simpatisan Vietnam Utara. Dengler telah mendapatkan reputasi karena kemampuan luar biasa untuk melarikan diri dari kamp-kamp POW, pura-pura selama pelatihan militer, dan ia langsung berkontribusi merencanakan para tahanan harus membuat dirinya kabur. Pada 29 Juni 1966, ia dan enam tahanan lainnya berhasil melarikan diri. Setelah memacu turun tiga penjaga, Dengler melarikan diri ke hutan lebat. Akhirnya ia menghabiskan 23 hari di hutan dan tahan dengan sengatan panas, serangga, lintah, parasit, dan kelaparan sebelum diselamatkan oleh helikopter Amerika. Hanya satu dari tahanan lain, seorang kontraktor Thailand, selamat dari pelarian ini. Yang lainnya tewas atau hilang di hutan. Dengler akan terus menjadi pilot penguji yang sukses di tahun-tahun berikutnya, dan sampai hari ini ia dikreditkan sebagai satu-satunya tentara Amerika yang berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam.

4. Escape From Alcatraz
Pada tahun 1962, Frank Morris, Clarence dan John Anglin menggunakan bulan perencanaan dengan cermat untuk melarikan diri dari penjara prototipikal. Trio yang ditahan di penjara yang terkenal di Pulau Alcatraz di San Francisco, yang dicadangkan untuk penjahat yang paling keras dan dianggap sebagai salah satu penjara yang paling susah untuk melarikan diri. Orang-orang menggunakan serangkaian alat termasuk bor dirakit dari penyedot debu menjauh motor chip di beton penuaan sel-sel mereka dan membuatnya ke sebuah lubang ventilasi. Mereka kemudian membuat mereka menuruni cerobong asap ke pantai, di mana mereka dengan cepat mengumpulkan rakit buatan tangan dan melarikan diri ke San Fransisco Bay. Pelarian mereka tidak disadari sampai keesokan paginya, ketika orang-orangan yang dibuat olehnya sebuah kepala boneka dari sabun, rambut manusia, dan kertas toilet agar terlihat seperti mereka tidur di tempat tidur mereka. Orang-orang itu tidak pernah mendengar kabar lagi, dan banyak bukti-bukti menunjukkan bahwa mereka tenggelam di teluk, tetapi tidak ada tubuh yang pernah ditemukan.

3. The Maze Prison Escape
Salah satu penjara paling kejam, Prison break Maze terjadi pada tahun 1983, ketika 35 napi melarikan diri setelah mengambil kendali dari penjara dengan kekerasan. The Maze ini diperuntukkan bagi paramiliter Tentara Republik Irlandia kombatan dan teroris, dan dianggap sebagai salah satu yang paling tak terhindarkan penjara di seluruh Eropa. Tapi setelah beberapa bulan perencanaan, sekelompok tahanan yang dipimpin oleh anggota IRA Gerry Kelly dan Bobby Storey menguasai seluruh cellblock dengan menggunakan senjata yang telah diselundupkan ke penjara. Setelah melukai beberapa penjaga dan mencuri seragam mereka, para tahanan membajak mobil dan mengambil alih pos jaga di dekatnya, tetapi ketika mereka tidak bisa melewati gerbang utama, para pria melompat pagar dan kabur dengan berjalan kaki. Semua mengatakan, 35 orang melarikan diri dari penjara, enam belas di antaranya ditangkap kembali segera setelah dua puluh penjaga terluka.

2. Billy Hayes’ Escape From Turkish Prison
Billy Hayes adalah seorang mahasiswa Amerika yang ditahan pada tahun 1970 ketika ia mencoba menyelundupkan dua pon hash ke pesawat di Turki. Setelah tertangkap, ia dijatuhi hukuman tiga puluh tahun di penjara Turki yg mempunyai sistem keras. Hayes Sagmilicar bekerja keras di Penjara selama lima tahun, tapi ia akhirnya dipindahkan ke sebuah pulau penjara di Laut Marmara, dan di sini ia mulai serius merencanakan utk melarikan diri. Pulau itu tidak ada perahu, tapi dekat pelabuhan dan ada kapal-kapal nelayan kecil setiap kali ada badai yang kuat. Hayes menghabiskan berhari-hari bersembunyi di bin beton, dan ketika waktunya tepat, ia berenang ke pelabuhan dan mencuri sampan kecil. Dari sini, ia mampu membuat jalan ke Yunani, dan akhirnya perjalanan setengah keliling dunia sebelum tiba dengan selamat kembali di Amerika Serikat. Hayes kemudian menulis sebuah buku tentang siksaan yang disebut Midnight Express, yang diadaptasi menjadi sebuah film fiksi dengan nama yang sama.

1. The Great Escape
Untuk sebuah perencanaan belaka, risiko, dan skala, lolos dari penjara tidak akan jauh lebih kompleks daripada 1944 melarikan diri dari 76 tentara Sekutu dari Stalag Luft III, sebuah penjara Jerman selama Perang Dunia II yang beroperasi. Melarikan diri adalah puncak dari lebih dari satu tahun kerja oleh sekitar 600 tahanan. Orang-orang menggali tiga terowongan (dijuluki "Tom," "Dick," dan "Harry") 30 kaki di bawah permukaan penjara dengan rencana tunneling melewati pagar utama dan muncul ke permukaan di dekat hutan. Hal ini membutuhkan proses konstruksi yang canggih yang meliputi penggunaan blok kayu untuk dukungan, serangkaian lampu, dan bahkan sebuah pompa untuk memastikan para serdadu menggali telah cukup untuk bisa bernapas. Setelah mengumpulkan koleksi pakaian sipil dan paspor, pada 24 Maret 1944 membuat mereka melarikan diri. Sayangnya, terowongan pendek juga datang dari hutan, dan muncul dari sana para penjaga. 76 orang masih berhasil melarikan diri, tetapi 77 itu melihat dan terowongan ditutup. Nazi mengambil minat khusus dalam tahanan melarikan diri, dan semua kecuali tiga akhirnya tertangkap. Namun, berkat popularitas berdasarkan film terkenal itu, juga sebagai skala dan keberanian, "Great Escape" tetap menjadi salah satu yang paling terkenal, pelolosan diri dari penjara sepanjang masa.

Proses Pengambilan Narkoba Di Perut, Anak Kecil Gak Boleh Lihat

20.06 Posted by Much Rozin

Pengedar narkoba yang mencoba mengelabui petugas bandara dengan menelan narkoba dan akhirnya mendatangkan ajal bagi dirinya sendiri… karena salah satu narkoba yang ditelannya pecah… berikut adalah proses pengambilan narkoba tersebut dari dalam perut bandar narkoba naas tersebut :



















10 Mouse Yang Bisa Buat Anda Bangkrut

20.05 Posted by Much Rozin

Kalian semua pada tau mouse kan?? Bukan mouse yang biasa lari-lari didapur yah… :guling2: . Mouse yang dipakai buat laptop atau PC itu loh… Pasti kamu juga pakai mouse alias tetikus kan? Emang sih, Hardware yang satu ini membantu kita untuk mengarahkan pointer sesuka hati. Tapi tahukah kamu kalau ada model mouse yang berlapis emas dan berlian. Yang pasti model mouse seperti ini tidak untuk mengarahkan pointer saja, tapi juga buat pamer :-) .

Inilah 10 Model Mouse yang dilapisi Emas dan Permata

1. Mouse dengan lapisan Kulit Python asli dan emas



2. Mouse dengan model Matahari yang dilapisi Emas

3. Mouse dengan lapisan Batu Sapphire biru

4. Mouse dari kulit buaya dengan lapisan emas dan batu sapphire

5. Mouse VIP dari batu permata

6. Black diamonds logitech mouse

7. USB mouse berlapiskan emas putih

8. Mouse mirip bentuk emas batangan

9. Gigabyte wireless mouse

10. Logitech air 3d mouse include a diamond ring and a jewel micro flash stick

Lift Terseram Di Dunia

19.45 Posted by Much Rozin
Apakah Anda pernah berada dalam ruangan sempit bersamaan dengan beberapa orang lain, dan kira-kira selama semenit anda akan berada di ruangan tersebut bersama sama dengan orang lain. Ruangan apa kira-kira? Lift! Benar sekali. Selama berada di dalam lift, kita sering harus dihadapkan dengan situasi yang terasa aneh dan kurang gimana gitu... Nah.. mungkin dengan lift yang seperti ini, rasa aneh tadi akan berkurang...mungkin akan muncul rasa was2...

1. Elevator Skydive


Nggak cuman orang yang takut ketinggian deh, kayaknya semua orang bakal ketakutan kalo naik lift yang satu ini. Persis banget, kayaknya kita akan kelihatan gedung-gedung lain dibawah. Untungnya ini bukan lift kapsul dengan lantai kaca. Cuman sekedar tempelan saja. Ternyata lift seperti ini adalah ide kreatif dari sekolah skydiving Swiss, dengan kata lain, ini adalah teaser.. gimana rasanya kalo lompat dari pesawat terbang...

2. Floor Illusion

3. Wake Up!


Lift yang satu ini didesain oleh Ogilvy Beijing of China untuk pembuat kopi Maxwell House dan memberikan "suntikan Adrenaline" - yang dirasakan begitu pintu lift terbuka. Orang yang mengantuk akan segera terbuka matanya karena efek yang mengerikan seperti ini. Efek seperti ini adalah efek yang dirasakan pada saat kita minum kopi.

Foto Kota Dubai Dan Las Vegas Tempo Dulu Dan Sekarang

19.40 Posted by Much Rozin
Dubai in 1990

You’ll see comparative pictures of two world’s famous cities: Dubai and Las Vegas.It’s crazy how time flies and how the two cities aroused from the desert. I love to look at pictures like this.

Dubai in 2003




Dubai : Now


Las Vegas Strip in 1954



Las Vegas: Now

Siapa Penemu Lambang Kebangsaan Burung Garuda

19.39 Posted by Much Rozin
Garuda merupakan lambang Negara Indonesia, hampir semua orang tahu itu. Namun hanya sebagian orang saja yang mengetahui siapa penemunya dan bagaimana kisah hingga menjadi lambang kebanggaan negara ini.
Sewaktu Republik Indonesia Serikat dibentuk, dia diangkat menjadi Menteri Negara Zonder Porto Folio dan selama jabatan menteri negara itu ditugaskan Presiden Soekarno merencanakan, merancang dan merumuskan gambar lambang negara.Dia lah Sultan Hamid II yang berasal dari Pontianak.
Dia teringat ucapan Presiden Soekarno, bahwa hendaknya lambang negara mencerminkan pandangan hidup bangsa, dasar negara Indonesia, di mana sila-sila dari dasar negara, yaitu Pancasila divisualisasikan dalam lambang negara. Tanggal 10 Januari 1950 dibentuk Panitia Teknis dengan nama Panitia Lencana Negara di bawah koordinator Menteri Negara Zonder Porto Folio Sultan Hamid II dengan susunan panitia teknis M Yamin sebagai ketua, Ki Hajar Dewantoro, M A Pellaupessy, Moh Natsir, dan RM Ng Purbatjaraka sebagai anggota. Panitia ini bertugas menyeleksi usulan rancangan lambang negara untuk dipilih dan diajukan kepada pemerintah.

Merujuk keterangan Bung Hatta dalam buku “Bung Hatta Menjawab” untuk melaksanakan Keputusan Sidang Kabinet tersebut Menteri Priyono melaksanakan sayembara. Terpilih dua rancangan lambang negara terbaik, yaitu karya Sultan Hamid II dan karya M Yamin.
Pada proses selanjutnya yang diterima pemerintah dan DPR RIS adalah rancangan Sultan Hamid II. Karya M Yamin ditolak karena menyertakan sinar-sinar matahari dan menampakkan pengaruh Jepang.
Setelah rancangan terpilih, dialog intensif antara perancang (Sultan Hamid II), Presiden RIS Soekarno dan Perdana Menteri Mohammad Hatta, terus dilakukan untuk keperluan penyempurnaan rancangan itu. Terjadi kesepakatan mereka bertiga, mengganti pita yang dicengkeram Garuda, yang semula adalah pita merah putih menjadi pita putih dengan menambahkan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.
Tanggal 8 Februari 1950, rancangan final lambang negara yang dibuat Menteri Negara RIS, Sultan Hamid II diajukan kepada Presiden Soekarno. Rancangan final lambang negara tersebut mendapat masukan dari Partai Masyumi untuk dipertimbangkan, karena adanya keberatan terhadap gambar burung garuda dengan tangan dan bahu manusia yang memegang perisai dan dianggap bersifat mitologis.

Sultan Hamid II kembali mengajukan rancangan gambar lambang negara yang telah disempurnakan berdasarkan aspirasi yang berkembang, sehingga tercipta bentuk Rajawali-Garuda Pancasila. Disingkat Garuda Pancasila. Presiden Soekarno kemudian menyerahkan rancangan tersebut kepada Kabinet RIS melalui Moh Hatta sebagai perdana menteri. AG Pringgodigdo dalam bukunya “Sekitar Pancasila” terbitan Dep Hankam, Pusat Sejarah ABRI menyebutkan, rancangan lambang negara karya Sultan Hamid II akhirnya diresmikan pemakaiannya dalam Sidang Kabinet RIS. Ketika itu gambar bentuk kepala Rajawali Garuda Pancasila masih “gundul” dan “tidak berjambul” seperti bentuk sekarang ini. Inilah karya kebangsaan anak-anak negeri yang diramu dari berbagai aspirasi dan kemudian dirancang oleh seorang anak bangsa, Sultan Hamid II Menteri Negara RIS.

Presiden Soekarno kemudian memperkenalkan untuk pertama kalinya lambang negara itu kepada khalayak umum di Hotel Des Indes Jakarta pada 15 Februari 1950. Penyempurnaan kembali lambang negara itu terus diupayakan. Kepala burung Rajawali Garuda Pancasila yang “gundul” menjadi “berjambul” dilakukan. Bentuk cakar kaki yang mencengkram pita dari semula menghadap ke belakang menjadi menghadap ke depan juga diperbaiki, atas masukan Presiden Soekarno. Tanggal 20 Maret 1950, bentuk final gambar lambang negara yang telah diperbaiki mendapat disposisi Presiden Soekarno, yang kemudian memerintahkan pelukis istana, Dullah, untuk melukis kembali rancangan tersebut sesuai bentuk final rancangan Menteri Negara RIS Sultan Hamid II yang dipergunakan secara resmi sampai saat ini.

Ditemukan Arsip Rahasia Vatikan Yang Tersimpan Selama Ratusan Tahun

19.38 Posted by Much Rozin
Arsip Rahasia Vatikan (Archivum Secretum Apostolicum Vaticanum) yang berada di kota Vatikan adalah pusat penyimpanan semua tindak resmi Tahta Suci. Disini tersimpan naskah kuno, surat dan publikasi yang tersimpan selama lebih dari 800 tahun.
Arsip-arsip ini juga menyimpan surat-surat kenegaraan, korespondensi, buku-buku catatan para paus, dan banyak dokumen lainnya yang telah dikumpulkan oleh Gereja selama berabad-abad. Di abad ke-17, berdasarkan perintah Paus Paulus V, Arsip Rahasia dipindahkan dari Perpustakaan Vatikan dan menjadi tempat yang tertutup rapat bagi orang-orang di luar Vatikan hingga akhir abad ke-19, yang menimbulkan berbagai desas-desus menganai apa yang disembunyikan disana. Berikut adalah beberapa barang berharga paling langka di rak buku paus.



'Secretum', Istilah ini telah digunakan sejak abad ke-15 untuk orang atau lembaga dekat dengan otoritas yang bisa dipercaya. Arsip rahasia Vatikan, 'bibiloteca secreta', adalah arsip pribadi dari Paus.



The Pax Veneta ditandatangani pada 1177, menyatakan gencatan senjata selama enam tahun antara Lombard League dan Frederick Barbarossa, Kaisar Romawi Suci. Dokumen ini adalah salinan, bantalan tanda tangan dari wakil kaisar berada di sisi kiri.



Khalifah Maroko, Abu Hafs Umar Al-Murtada menulis surat kepada Gregorius VII pada tahun 1250, ia meminta pengangkatan seorang uskup baru di Fez. Sebagaimana seharusnya, surat itu dimulai dengan doa "Dalam nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang ', yang diikuti oleh Sholawat pada Nabi Muhammad.



Tentara Perancis menahan semua pengikut sebuah kuil di Perancis pada 1307, menyiksa mereka dan memaksa pengakuan kesesatan. Clement V melakukan penyelidikan sendiri atas peristiwa tersebut pada tahun 1308 yang berujung pada sebuah pemeriksaan terhadap sang Guru kuil tersebut di Chinon.

Dokumen ini, yang hanya menampilkan detail, menyebutkan perintah pengampunan dosa kanonik. Philip the Fair of France bereaksi dengan meningkatkan serangan terhadap kuil, dan empat tahun kemudian masalah ini baru teratasi.
Decameron
Setelah wabah pes menyerang di tahun 1348, pengarang Decameron, Giovanni Boccaccio menjadi lebih reflektif, dengan melakukan konversi moral, mungkin di bawah pengaruh temannya Francesco Petrarca. Sebuah keputusan untuk melaksanakan perintah yang diperlukan demi dispensasi kepausan, dikeluarkan tahun 1360, karena kelahiran haramnya



Selama 30 tahun di akhir abad ke-14 gereja barat terpecah, dengan dua paus pertama dan kemudian tiga dipilih oleh gereja yang bertentangan dengan kolese Suci. Surat kudus ini untuk komunitas Corneto ini melaporkan resolusi perjuangan, dengan pelepasan Gregorius XII, dengan penurunan takhta Yohanes XXIII dan Benediktus XIII serta pemilihan Martin V



codex ini adalah kompilasi dari materi diambil dari kumpulan dokumen disatukan oleh Rossell Nicolas kardinal yang telah ditugaskan oleh Kardinal Rodrigo Borgia. Naskah ini mungkin berasal dari paruh kedua abad ke-15, karya dua penyalin dan miniaturis yang dihiasi hampir setiap halaman.



Perbedaan antara kalender Julian dan pengamatan astronomi telah menjadi tak tertahankan pada 1576, ketika Paus Gregory XIII meluncurkan sebuah komisi khusus untuk menyelidiki bagaimana mungkin akan direformasi. Komisi mengadopsi usulan dari Luigi Giglio, yang menyarankan menekan 10 hari, sehingga untuk meluruskan kembali tanggal dari equinoxes astronomi dan kanonik. Kalender baru ini diadopsi pada tahun 1582, dengan hilangnya 10 hari pada bulan Oktober. Kalender Gregorian diadopsi pada tahun berikutnya di Italia, Spanyol dan Portugal. Inggris mengadopsinya tahun 1752, Rusia pada tahun 1918 Kalender Gregorian dan Novo Lunario dari 1582

Arsip Rahasia Vatikan
Bull Paus yang mengutuk Martin Luther diterbitkan pada 1520, dan bertemu dengan perlawanan keras di Jerman. Dalam Leipzig Bull tertutup lumpur dan terkoyak. Di Erfurt, mahasiswa teologi merobeknya dan melemparkannya ke sungai. Luther sendiri dibakar bersama dengan UU Canon Buku di Wittenberg. Mengingat tidak adanya hampir total asli, teks ditulis dari Bull dalam register Leo X yang ditampilkan di sini menjadi semakin penting

Arsip Rahasia Vatikan
Surat ini, oleh Lucrezia Borgia 14 tahun, ditulis untuk ayahnya, Paus Alexander VI, pada tahun 1494. Di dalamnya ia bercerita tentang penerimaan dia dan suami barunya, Giovanni Sforza, diterima pada kedatangan mereka di kota Pesaro, dan memohon ayahnya untuk meninggalkan Roma.



Surat dari Ascanio Colonna, yang ditulis tahun 1526 ke salah satu letnannya, membangkitkan pertempuran antara kekuatan Clement VII dan keluarga Colonna setelah karung Vatikan pada bulan September

Arsip Rahasia Vatikan
Clement VII menerima surat ini dari rekan-rekan dari Inggris tentang pernikahan Henry VIII dan Catherine dari Aragon pada September 1530. Paus terkesan dengan nada peremptory nya, para bangsawan mengeluh keterlambatan berlebihan dalam mengeluarkan pembatalan dan menyarankan bahwa penolakan akan menghasilkan langkah-langkah ekstrem yang diambil untuk kebaikan kerajaan



Dokumen mewah adalah surat dari Klemens VII pada kesempatan penobatan Kaisar Charles V pada tahun 1530. dekorasi mewah dipasangkan dengan segel yang terbuat dari emas, daripada memimpin biasa.



Dilarang oleh otoritas Prancis setelah hanya tiga pertunjukan, Voltaire mencoba untuk meluncurkan-nya bermain Mahomet ou le fanaticisme dengan dedikasi untuk tokoh mulia: Paus Benediktus XIV. Dia menyatakan dirinya pengagum bersemangat dan meminta sebuah potret, yang tergantung di ruang kerjanya. Menulis pada bulan Agustus 1745, ia mengucapkan terima kasih, dan bercanda bahwa ia "mohon [d] Surga bahwa Kekudusan Anda mungkin paling tardily diterima di antara mereka orang-orang kudus yang canonisations Anda punya begitu susah payah dan berhasil diselidiki '.
Voltaire menerbitkan pertukaran surat segera setelah, melepaskan badai kemarahan.



Pius IX meluncurkan proses untuk menentukan dogma konsepsi rapi dengan surat kepada uskup di tahun 1849. Lima tahun kemudian, Bull Ineffabilis Deus diterbitkan, menyatakan bahwa "Santa Maria Perawan yang paling, dalam contoh pertama dari konsepsi dia ... dipelihara bebas dari segala noda ... doktrin yang diwahyukan oleh Allah dan karenanya dapat dipercaya tegas dan terus menerus oleh 'semua orang beriman

Arsip Rahasia Vatikan
Wazir Grand Kekaisaran Ottoman, Kara Mustafa, menyerang Wina dengan 160.000 tentara pria di 1683. Diangkat sebagai kepala tentara Kristen dengan campur tangan Paus Innosensius XI, Raja Polandia, John Sobieski, memimpin pasukan sebanyak 70.000 orang untuk dinding, dan memecahkan pengepungan pada tanggal 11 September setelah delapan jam pertempuran

Arsip Rahasia Vatikan
Setelah menerima surat dari Adolf Hitler, mencari peningkatan hubungan antara Jerman dan Vatikan, Paus Pius XI pada tahun 1934 menjawab, meyakinkannya bahwa Tahta Suci akan terus mempromosikan 'kedamaian sejati dan kerukunan antara otoritas sipil dan keagamaan'

Arsip Rahasia Vatikan
Galeri panjang, barat Cortile del Belvedere, menampung lebih dari 13.000 m rak logam. Arsip dari Datary Apostolik, Vatikan Kantor Informasi, Komisi Pusat untuk Suci Arts di Italia dan Sheets Audiensi dari Prefektur Rumah Tangga Kepausan di antara dokumen-dokumen disimpan di sini.

Sepenggal Cerita Rakyat Gunung Nglanggeran / Puncak Gunung Merapi

19.01 Posted by Much Rozin

Gunung Nglanggeran, nama Nglanggeran berasal dari kata pelanggaran, hal ini terjadi karena barang siapa yang melakukan kejahatan / pelanggaran hukum (nerak angger-angger) akan tertangkap dan terhukum dengan sendirinya.

Gunung Nglanggeran awalnya merupakan puncak dari Gunung Merapi. Konon, pada suatu malam Raden Hanoman yang berwujud seekor kera putih bermain dan ingin mengambil bintang di langit. Untuk menggapainya ia menginjak puncak Gunung Merapi sebagai pijakannya. Karena tidak sampai juga, kemudian puncak gunung tersebut ditendang (dipancal). Bongkahan batu puncak gunung tersebut kemudian ditangkap oleh Punokawan (Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong). Dalam usahanya menangkap bongkahan batu, karena beratnya batu tersebut kakinya menjejak ke tanah hingga mengakibatkan tanah di bawah kakinya mengeluarkan air dan akhirnya tidak berhenti mengalir sehingga menjadi mata air. Mata air tersebut terbentuk sebesar ’dandang’ (alat menanak nasi) yang berada di daerah Kemadang yang kemudian dikenal dengan nama ”sedandang”. Bongkahan batu puncak Gunung Merapi tersebut rencananya akan dibawa ke daerah selatan menggunakan kayu jarak, akan tetapi di tengah jalan kayu tersebut patah dan bongkahan batu tersebut jatuh di daerah Nglanggran, sehingga disebut sebagai Gunung Nglanggeran.

Punokawan (Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong)

Gunung Nglanggeran juga disebut sebagai Gunung Wayang karena bentuk fisik dari gunung tersebut menyerupai alat-alat dalam pewayangan misalnya kelir, blencong, dan brucu. Batu-batu di Gunung Nglanggran yang menyerupai bentuk alat-alat tersebut dinamai sesuai bentuknya, sehingga Gunung Nglanggeran terdiri dari Gunung Blencong, Gunung Kelir, Gunung Brucu, dll. Gunung Nglanggeran mempunyai cerita tersendiri tentang tokoh pewayangan, yaitu Raden Ongkowijoyo. Sehingga gunung ini juga disebut sebagai Gunung Ongkowijoyo. Dalam tradisi pementasan wayang kulit di daerah Ngalanggeran tidak diperbolehkan mengangkat cerita tentang Raden Ongkowijoyo. Apalagi cerita tentang Raden Ongkowijoyo kalah/tewas dalam peperangan/ pertempuran. Bila ada yang melanggar akan terjadi musibah. Bahkan menurut pengalaman yang pernah terjadi pada saat pertunjukan wayang itu digelar terjadi ’rajapati’ (pembunuhan).

Gunung Nglanggeran juga dikenal sebagai Gunung Wahyu karena banyak orang yang setelah melakukan ritual dan meditasi di tempat ini keinginannya terkabul. Bahkan konon Sri Sultan HB IX pernah mengadakan ”wilujengan” di gunung ini ketika terjadi kekacauan politik akibat G30/S pada tahun 65-an. Sehingga suasana kekacauan politik di Yogyakarta tidak ikut berlarut-larut.

Menurut cerita Gunung Nglanggeran memiliki mata air (tuk) di puncaknya yang disebut sebagai ” Tlogo Wungu” tetapi telaga ini tidak terlihat secara kasat mata (hanya orang tertentu yang bisa melihat), yang terlihat hanya mata air bawahannya / limbahnya (sendang) yang dikenal dengan nama ”comberan”. Di puncak gunung tersebut juga terdapat ”Tlogo Pengguyangan’. Tlogo Wungu ini konon dipercaya digunakan oleh para bidadari yang turun dari kayangan (langit) untuk membersihkan diri (mandi). Konon di telaga ini gayungnya terbuat dari emas (canting kencono) dan tempat menampung airnya juga terbuat dari emas (bokor kencono) serta jalan menuju pemandiannya berupa undak-undakan bertahtakan emas. Sedangkan Tlogo Pengguyangan merupakan tempat untuk memandikan ”Jaran Sembrani” (kuda putih bersayap yang merupakan tunggangannya para bidadari). Hal ini dipercaya karena terbukti dengan adanya bekas tapak kaki kuda berbentuk tapal kuda di bebatuan di dekat Tlogo Wungu. Jika daerah ini dilanda musim kemarau berkepanjangan, maka sesepuh desa melakukan ritual tertentu untuk memohon turunnya hujan kepada ”Yang Maha Kuasa” di Tlogo Wungu kemudian menguras ”comberan” dari mata air tersebut, tidak lama kemudian hujan akan segera turun. Telaga yang lain yang juga berada di puncak gunung adalah ”Tlogo Mardidho” air dari telaga ini digunakan penduduk setempat untuk mengairi sawah yang juga berada di puncak gunung. Air dari telaga-telaga di puncak gunung ini dipercaya berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Foto Awan Puncak Merapi Berbentuk Kepala Petruk

18.59 Posted by Much Rozin

Fenomena aneh atau ini hanya kebetulan memang belum terlalu pasti informasinya, namun foto awan merapi yang menyerupai wajah (bagian kepala) Petruk, yaitu salah satu punakawan dalam pewayangan Jawa yang berhidung mancung sempat membuat heboh dan banyak yang penasaran mengenai foto ini. Berikut foto Awan Puncak Merapi Berbentuk Kepala Petruk :

Foto Awan Merapi Mirip Kyai Petruk Tokoh Pewayangan Punokawan

Foto Awan Merapi Mirip Kyai Petruk Tokoh Pewayangan Punokawan

Dalam foto yang diambil oleh salah seorang warga Kecamatan Srumbung Magelang itu, awan itu menyerupai wajah Petruk, salah satu punakawan dalam pewayangan Jawa yang berhidung mancung. (Ini ada kaitannya juga dengan mitos di Gunung Api Purba tentang adanya Punokawan yang menjaga Gunung Api Purba. Beritanya ada di SINI)

Foto tersebut milik Suswanto (40), warga Dusun Anom, Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Dia mengaku mengambil foto tersebut Senin (25/10/2010) pukul 05.00 WIB dari rumahnya.

“Usai salat subuh, saya begitu melihat puncak Merapi kok ada awan bentuknya aneh. Langsung saya abadikan dengan kamera digital,” ujar Suswanto.

Suswanto kemudian memperlihatkan foto itu kepada beberapa tetangga desanya seperti di Desa Ngargosuko, Desa Salamsari, Desa Krajan, Desa Jengglis, Desa Kemiren , Desa Sumberrejo dan Desa Kaliurang.

“Beberapa sesepuh dan orang-orang tua desa menyatakan jika sudah terlihat kepala Mbah Petruk atau Nyai petruk yang sudah menagih janjinya maka akan terjadi letusan di puncak Gunung Merapi yang sangat besar,” tegas Suswanto.

Sugihartono, tetangga Suswanto, mengatakan warga setempat sangat mempercayai mitos Mbah Petruk atau Nyai Petruk. Mitos itu dipercaya secara turun-temurun.

Mitos itu terkait cerita tentang kekecewaan Raja Majapahit, Brawijaya terhadap Kerajaan Demak dalam kisah Sabdo Palono Genggong. Brawijaya saat itu ingin menyepi di Gunung Lawu namun diusir. Brawijaya akhirnya bersemedi di puncak Merapi.

Saat menyepi di Merapi, Brawijaya bertemu dengan seorang wanita tua yang konon disebut Nyai Petruk atau Mbah Petruk. “Mbah Petruk kemudian mengeluarkan sabda jika Ada pemimpin di sekitar Merapi yang tidak benar dirinya akan menagih janji,” ujar Sugihartono.

Sugihartono menjelaskan dalam foto itu kepala Mbah Petruk menghadap ke Selatan. Ini artinya letusan Merapi yang terbesar akan menimpa di Yogjakarta dan sekitarnya.

“Kucir belakang dan hidung tajamnya menghadap ke selatan, Yogjakarta. Maka diperkirakan yang akan mendapat akibat besar adalah kota Yogjakarta dan sekitarnya,” tegas Sugihartono.

Mbah Diur (54), sesepuh Dusun Gantan, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Magelang menjelaskan Merapi secara filosifi dan metafisis dikuasai beberapa arwah dari orang yang mumpuni. Salah satunya Nyai Petruk atau Mbah Petruk yang menguasai bagian puncak bersama mahkluk gaib lainnya, Den Mas Anwar, anak dari Pangeran Samber Nyawa penguasa Gunung Lawu.

“Petruk menguasai kawah dan Den Mas Anwar menguasai bagian puncak sampai ke dalamnya,” tegas Mbah Diur.

Ada lagi tokoh ghaib lainnya yang diyakini berdiam di Gunung Merapi. Tokoh ghaib itu adalah pangeran Sambang Dalan, penguasa sisi kanan kiri lereng Merapi.(detik)